3 Cara Mudah Memperbaiki CDI Motor yang Mati

Membahas tentang dunia otomotif pasti pernah mendengar istilah CDI (Capacitor Discharge Ignition) pada motor yang merupakan komponen kelistrikan pada motor. CDI memiliki fungsi mengatur waktu meletiknya api pada busi untuk melakukan pembakaran pada bahan bakar motor yang telah dipadatkan oleh piston. Bisa dikatakan CDI merupakan part penting pada motor untuk fungsi pengapian untuk menghidupkan mesin motor.  Karena fungsi yang cukup vital, komponen CDI harus selalu diperiksa untuk menjaga performa motor.

Terdapat beberapa ciri jika CDI motor mengalami gangguan. Yang nampak terasa biasanya adalah pada saat berkendara terasa tarikan motor anda tidak terlalu kencang atau terasa berat. Jika Anda sudah merasakannya maka segera lakukan pengecekan pada CDI motor anda.

Untuk melakukan pengecekan pada CDI motor, lakukanlah dengan menggunakan alat Voltmeter sebagai alat bantu dengan cara mengarahkan kabel hitam voltmeter pada ground dan kabel merah voltmeter pada kabel CDI, kemudian gunakan kick starter untuk menghantarkan energi pada CDI , bisa dilihat kalau voltase CDI berada di atas 200 volt berarti CDI masih dalam kondisi baik sedangkan jika ukurannya di bawah berarti CDI mengalami kerusakan/mati. Selain itu ada pula kerusakan seperti CDI terbakar ataupun pengapian motor yang rusak/kecil.

Setelah melakukan pengecekan terhadap CDI,  kita bisa menyimpulkan dimana letak kerusakan atau penyebab CDI motor yang mati,  CDI terbakar ataupun pengapian motor kecil. Nah, berdasarkan sebab-sebab di atas kita bisa klasifikasikan 3 cara mudah memperbaiki CDI motor yang mati,  silahkan disimak.

Cara Mudah Memperbaiki CDI Motor Mati

Cara Memperbaiki CDI Motor Mati - ihatebikes.net

Apabila CDI motor sudah mati masih bisa dicoba untuk diperbaiki terutama oleh mekanik yang ahli,  dengan cara membongkar satu persatu komponen pada CDI. Komponen CDI yang rusak perlu diganti tentunya.  Komponen CDI motor cukup banyak diantaranya yaitu pulsa/amplifier, koil, saklar, kapasitor dan generator pulsa.  

Baja juga:   Penyebab dan Cara Mengatasi Pengapian Kecil Pada Motor

Cara Mudah Memperbaiki CDI Terbakar

Cara Memperbaiki CDI Terbakar - ihatebikes.net

Sebelum kita cari tahu cara mudah memperbaiki CDI motor terbakar, kita perlu tahu dulu apa saja penyebabnya.

Penyebab CDI terbakar

Mesin motor yang mati mendadak atau sering mati sendiri sampai pada akhirnya mati total berarti bisa jadi ciri Penyebab CDI terbakar yang disebabkan karena tegangan listrik yang tidak stabil, juga dikarenakan tegangan aki yang sudah turun sedangkan motor  tetap dipaksa jalan.

Selain itu menurut beberapa sumber kesalahan pasang atau sembarang memasang CDI yang tidak sesuai dengan jenis sepeda motor nya bisa menjadi penyebab CDI terbakar dan mengeluarkan asap tebal. Hal ini dikarenakan posisi kabel yang berbeda yaitu kabel dari koil dan pulser ini menyebabkan CDI mati atau jika terjadi konsleting akan terbakar.

Memperbaiki CDI terbakar

Tentu saja untuk memperbaiki CDI terbakar adalah perlunya dilakukan perawatan dan pencegahan dari kerusakan,  untuk kasus CDI yang tertukar seharusnya adalah jangan dipaksakan kecuali mekanik anda sudah memodifikasi nya sesuai dengan kebutuhan motor anda. Cara lainnya yaitu perawatan sederhana dengan rutin membersihkan busi dan kabel kelistrikan yang bertegangan tinggi untuk mencegah terjadi konsleting. Jika sudah terjadi CDI terbakar yang cukup parah sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk melakukan penggantian part motor yang rusak tersebut.

Cara mudah Mengatasi Pengapian Kecil

Cara Mengatasi Pengapian Kecil - ihatebikes.net

Pengapian pada kendaraan adalah untuk menghasilkan api pada busi untuk menghasilkan tenaga pada mesin. Tentu saja api yang dihasilkan harus besar karena agar dapat melawan tekanan kompresi pada mesin.  Tetapi bila api yang dihasilkan kecil dapat berakibat mesin menjadi susah hidup atau kurang optimalnya proses pembakaran bahan bakar sehingga mesin kurang bertenaga.

Baja juga:   Harga Ban di Planet Ban Lebih Mahal dari Harga Eceran 2019

Penyebab pengapian kecil

Faktor penyebab api yang kecil pada busi terutama tergantung pada kondisi busi yang tidak baik yang dapat menghasilkan api yang kecil. Kondisi seperti aus menimbulkan celah besar pada busi berdampak pada kebutuhan tegangan listrik yang lebih tinggi untuk menghasilkan api yang lebih besar. Selain itu kebocoran oli dan pencampuran yang terlalu gemuk membuat busi lebih cepat rusak.

Kondisi kabel tegangan tinggi pada busi yang tidak baik juga berpengaruh pada nyala api yang dihasilkan.  Masih banyak penyebab lainnya namun yang utama adalah beberapa hal diatas disamping itu sumber arus juga harus diperhatikan. Sumber arus berasal dari baterai dan sistem pengisian,  bila pengisian kecil maka nyala api yang dihasilkan juga kecil.

Mengatasi pengapian kecil

Cara mudah mengatasi pengapian kecil jika dilihat dari sebab-sebab di atas, yang bisa dilakukan yaitu mengganti busi, mengganti baterai, mengganti part CDI semua sesuai kebutuhan motor anda dan sudah di anjurkan oleh seorang mekanik.

Semoga saja dengan membaca informasi di atas, anda dapat mengetahui penjelasan terkait CDI dan menerapkan pada motor anda yang mungkin sedang mengalami kerusakan ataupun sekedar menambah wawasan anda di bidang mekanik. Jangan lupa untuk selalu melakukan cek dan servis motor rutin! Semoga bermanfaat!