5 Masalah Motor Karbu yang Paling Bahaya dan Solusinya

Ada kalanya motor kita mengalami masalah ketika sedang asyik-asyiknya mengemudi. Salah satu penyebab hal itu bisa terjadi karena kurangnya perawatan secara memadai. Padahal, jika motor kita dirawat dengan baik, pasti motor kita tak akan terlampau rewel, terutama bagi motor-motor manual.

Salah satu komponen motor yang yang sering ngadat adalah karburator. Ya itu tadi penyebabnya karena kurang perawatan oleh si pemilik kendaraan sementara motor dipaksa dengan beban kerja yang tinggi. Jelas saja motornya ngambek. Tapi ingat tak semua masalah pada karburator perlu perawatan berat loh, kadang-kadang hanya perlu kutak-katik sedikit lancar lagi.

Nah karena itu, kami akan coba mengulik apa saja sih masalah yang timbul pada motor berkaburator? Lalu bagaimana juga dengan solusinya. Berikut adalah beberapa masalah tersebut.

Masalah Putaran Mesin Karburator

Masalah pertama yang muncul akibat karburator adalah putaran mesin (Rpm) menjadi lemah, akibatnya motor seperti tak punya tenaga saat motor mau digeber. Kurang power. Ada juga yang mengaku mesinnya jadi tersendat-sendat. Ini semua terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venturi karburator sedikit, sedangkan suplai udara sanagat banyak sehingga tak ada keseimbangan dalam proses pembakaran.

Lalu bagaimana solusi mengatasi masalah ini? Salah satunya dengan menggunakan jarum skep (throttle) yang berukuran lebih kecil. Hal ini agar udara dan bahan bakar dapat seimbang. Sementara supaya udara yang masuk ke venturi dapat ditekan kuat ke arah ruang bakar, putarlah skep setelan udara ke arah jarum jam.

Masalah Karburator Keluar Minyak atau Air

Penyebab karburator bisa keluar minyak atau air sendiri bisa diakibatkan karena Needle Valve yang tidak menutup secara sempurna. Bisa jadi, ini diakibatkan karena tangki sudah mulai berkarat, lalu karat ini ikut masuk ke dalam karburator dan menyumbat Needle Valve. Alhasil karburator akan terus mengeluarkan bensin dari tangki. Untuk solusinya, Anda bisa membeli Needle Valve di toko onderdil terdekat.

Masalah Karburator Keluar Asap Hitam

Permasalahan lain adalah motor mengeluarkan asap hitam yang berlebihan dari knalpot motor Anda. Jika hal ini terjadi, itu artinya karburator motor Anda terlalu basah. Mengapa jadi terlalu bahsah karena suplai bahan bakar ke lubang venturi terlalu banyak dari takaran yang seharusnya dan berbanding terbalik dengan udara yang masuk.

Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memperbanyak masuknya udara ke venture dengan cara memutar sekrup setelan udara ke luar atau ke arah melepas. Solusi lainnya dengan mengganti anti pilot jet ke nomor yang lebih kecilĀ  atau gantilah jarum skep (throttle) dengan jarum yang berukuran lebih besar.

Masalah Motor Susah Hidup

Selain itu, masalah berikutnya yang muncul adalah seringnya bahan bakar mampet. Bahan bakar mampet pada motor, biasanya akibat motor jarang digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Efek dari bahan bakar mampet adalah kendaraan sulit untuk dihidupkan karena ada penyumbatan bahan bakar. Ini karena pilot jetnya bermasalah (catatan : pilot jet merupakan komponen berbentuk saluran dengan diameter kecil yang terletak di tengah karburator motor dan berfungsi untuk menyalurkan campuran bahan bakar dan udara). Masalah pilot jet yang sering terjadi adalah kondisi mampet sehingga proses pembakaran tidak dapat berlangsung dengan optimal dan motor menjadi ngempos. Solusinya coba atur setelannya dulu, barangkali hanya bermasalah pada setelannya.

Masalah Pelampung Karburator

Masalah lain adalah bensin bocor. Rusaknya pelampung pada bagian dalam karburator bisa menyebabkan bensin menjadi bocor karena tekanan dari tangki. Solusinya adalah dengan melakukan pembongkaran karburator untuk memperbaiki kondisi besin yang bocor. Sebab jika tidak diperbaiki maka akan menajdi salah satu penyebab penggunaan bensin pada motor menjadi boros. Ini juga bisa diakibatkan oleh modifikasi motor yang kurang tepat. Maka penulis sarankan kembalikan semua fungsi dan sparepart yang ada pada motor Anda kepada setelan standar pabrik motor Anda.

Demikian beberapa masalah pada karburator yang membuat motor Anda jadi bermasalah, karena itu lebih bijaklah dalam melakukan proses perawatan pada sepeda motor kesayangan Anda. Sebab jika tidak, biaya service kalau motor Anda rusak parah pasti akan jauh lebih tinggi.