Asal Kopi Arabika Gayo Yang Mendunia

Oi bro, udah cukup banyak nih ihatebikes.net ngomongin tentang motor. Sekali-sekali kita bahas tentang temennya motor. KOPI! Aceh yang berada di ujung utara Pulau Sumatera tidak hanya kaya akan kebudayaan yang unik tapi juga sebagai penghasil varietas kopi terbaik di dunia, Kopi Arabika Gayo. Kopi yang lebih dikenal dengan istilah Kopi Gayo ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas sehingga menjadi komoditas ekspor andalan Dataran Tinggi Aceh dan Indonesia. Dengan karakter rasa yang kuat tapi tidak pahit membuat kopi ini disukai masyarakat luar negeri khususnya yang ada di Eropa dan Amerika Serikat. 

Asal Kopi Arabika Gayo

Tumbuhan kopi pertama kali tersebar di Indonesia pada abad -17 dibawa oleh Belanda dari Arab Saudi yang awalnya bernama Arabica Mocca ke Batavia (Jakarta). Pertama kalinya, tanaman kopi tersebut ditanam di wilayah Jatinegara yang saat ini bernama Pondok Kopi. Lambat laun, penyebaran Kopi Arabica Mocca sampai ke Dataran Tinggi Aceh tepatnya di Aceh Tengah pada tahun 1904. Pada tahun yang sama, Belanda membuka lahan perkebunan kopi di tanah gayo pada ketinggian 1000-1700 meter dari permukaan laut. 

Kemudian pada tahun 1925-1930, Belanda melakukan pembukaan kebun kopi di lingkungan masyarakat dengan proses pembukaan yang dilakukan oleh para petani yang tinggalnya berdekatan dengan kebun belanda tersebut. Hingga pada tahun 1930, sudah terdapat empat kampung di area kebun tersebut yaitu Pantan Peseng, Atu Gajah, Belang Gele dan Paya Sawi. 

Sampai saat ini, Kopi Arabika Gayo menjadi salah satu mata pencaharian paling pokok yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Gayo. Bahkan, Kopi Gayo juga menjadi satu-satunya pusat tanaman kopi yang paling berkualitas di daerah Aceh Tengah. Dan tidak hanya itu saja, Kopi Gayo juga sudah mendunia dan menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia. Perkebunan kopi Gayo di Aceh tengah berada pada ketinggian 1000-1200 mdpl di dekat Kota Takengon. 

sejarah kopi gayo
cr. steemit.com

Karakteristik Kopi Arabika Gayo

kopi arabika gayo

Kopi Arabika Gayo memiliki beberapa karakteristik yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kopi Sumatera pada umumnya. Pertama, kopi gayo cenderung memiliki ukuran yang medium dengan aroma yang kuat dengan sedikit rasa rempah namun tidak pahit. Kedua, tingkat keasaman kopi gayo tergolong sangat rendah sehingga tidak membuat mual saat diminum. Karakternya yang clean (aftertaste) membuat kopi gayo banyak digunakan sebagai campuran house blend di kafe-kafe kesukaan orang-orang Amerika maupun Eropa. Dan ini juga yang menjadi pembeda antara kopi gayo dengan kopi sumatera pada umumnya. 

Ketiga, Kopi Gayo memiliki rasa yang cenderung buffy dan juga nutty dengan tingkat kemanisan (sweetness) yang cenderung tinggi. Ada satu keunikan dari kopi gayo yaitu rasanya yang cenderung tidak konsisten. Hal itu disebabkan karena perkebunan di dataran tinggi gayo memiliki ketinggian dan sistem budidaya yang berbeda-beda. Areal, ketinggian dan varietas yang beragam akan membuat cita rasa kopi gayo yang dihasilkan juga berbeda.

Kopi Gayo memiliki beragam varietas namun yang paling banyak dibudidayakan dan laris di pasaran adalah varietas Red Bourbon dan Timtim. 

kopi arabika gayo

Metode Pengolahan

Ada dua macam metode pengolahan kopi yang biasa digunakan oleh para petani kopi. Yaitu metode pengolahan basah dan metode pengolahan kering. Perbedaan pokok dari kedua metode tersebut adalah pada metode pengolahan kering, proses pengupasan kulit ari, kulit tanduk dan daging buah dilakukan setelah biji kopi (biji gelondongan) kering. Berbeda dengan metode pengolahan basah, dimana proses pengupasan daging buah dilakukan saat biji kopi masih dalam kondisi basah. 

Dari keduanya, metode pengolahan Kopi Arabika Gayo yang banyak digunakan oleh para petani Gayo adalah metode kering atau dry process. Metode ini juga banyak digunakan oleh para petani kopi di Brazil dalam mengolah kopi Robusta maupun Arabika. Prosesnya bisa dikatakan sangat sederhana. Yaitu buah kopi yang sudah siap panen (matang) setelah dipanen segera dikeringkan. Untuk metode pengeringannya bisa dilakukan secara alami maupun buatan. Dan metode inilah yang membuat cita rasa Kopi Gaya cenderung manis. 

Nah, itu dia informasi menarik tentang asal kopi arabika gayo beserta karakteristik dan keunggulannya hingga menjadi salah satu kopi yang mendunia. Buat anda yang sedang mencari Kopi Gayo dengan kualitas terpercaya, anda bisa membelinya secara online di https://kopidistributor.com/