Beli Motor Bekas Lebih Baik Langsung, Di Showroom atau Online?

Masih bingung sebaiknya beli motor bekas dimana? Buat kalian yang ingin membeli motor second, wajib ketahui terlebih dahulu untung ruginya dalam membeli via online, atau langsung. Sebab, banyak penjual “nakal” yang menjual dagangan motornya dengan iming-iming harga murah. Baik itu via langsung ataupun online.

 

Plus Minus Beli Motor Bekas Online

 

Memang di jaman sekarang jual beli motor bekas sangat mudah dilakukan via online. Contohnya saja di OLX, Carmudi hingga forum-forum atau group jual beli di Facebook yang masih menjadi lapak yang sangat besar bagi penjual maupun pencari motor bekas. Semua sangat praktis, tinggal foto dan upload. Selesai.

Namun, kepraktisan ini sering dimanfaatkan para pelapak motor bekas yang tidak bertanggung jawab.

Dengan pencarian online, Anda tidak perlu menghabiskan waktu

Itulah kelebihan dari penjualan motor secara online. Dengan sekejap Anda dapat menemukan motor bekas yang ingin Anda beli. Tinggal cari spesifikasi motor yang sesuai, lihat harganya, kalau nggak cocok tinggal cari lagi di toko online yang lain. Nggak perlu habisin ongkos, cuma modal kuota.

 

Namun Kita Tidak Dapat Mengetahui Informasi Penjual

Salah satu hal yang paling merugikan dari pembelian online adalah kita tidak mengetahui informasi si penjual. Padahal seharusnya kita perlu tau informasi sebanyak-banyaknya mengenai penjual. Jika Anda berani melakukan transaksi motor tanpa tahu identitasnya, apalagi hanya kenal sebatas online saja, bisa-bisa Anda kena tipu oleh si penjual.

Informasi yang didapatkan mengenai penjual, mulai dari nama pemilik, nama dealer, hingga jenis dan jumlah barang yang diperdagangkan patut untuk diketahui oleh calon pembeli.

 

Harga murah yang dipajang belum tentu membawa keuntungan

Selalu ingat, dalam membeli motor bekas lakukan cek harga berapa harga pasaran motor yang diincar pasaran. Jika Anda menemukan penjual motor bekas dengan selisih harga yang sangat jauh, maka patut dicurigai.

Baja juga:   5 Masalah Motor Karbu yang Paling Bahaya dan Solusinya

 

Plus Minus Beli Motor Bekas di Dealer atau Showroom

Trusted

Yap, tentu saja beli motor bekas di dealer akan lebih terpercaya daripada via online. Sebab mereka memiliki lokasi showroom yang bisa dideteksi sebelum Anda melakukan transaksi jual beli. Mereka pun sebagai pengepul motor bekas tidak akan menerima begitu saja motor-motor bodong. Sehingga, keaslian STNK dan BPKB serta informasi pajaknya pun jelas.  Hal ini juga akan mempermudah jika motor yang Anda beli mengalami kendala.

 

Namun bukan berarti tidak ada kecurangan

Banyak oknum pedagang motor bekas culas yang ingin mendapatkan keuntungan berlebih. Yakni dengan menukar komponen asli dengan komponen tiruan, atau bahkan komponen yang sudah rusak. Misalnya mereka mengganti oli yang lebih kental supaya ketika dicoba suara mesin tidak terdengar kasar.

Contoh lain misalnya, oknum curang ini biasanya mengganti suku cadang asli dengan barang yang tidak asli. Bisa spakbor, lampu, pelek, dan suspensi misalnya. Komponen spidometer pun juga dapat dimanipulasi dengan menurunkan angka jarak tempuh kendaraan.

 

Plus Minus Beli Motor Bekas Langsung dengan Orang tanpa Perantara

 

Transaksi lebih nyaman

Tentu saja membeli lewat orang yang kita kenal akan lebih banyak mendapatkan keuntungan. Sebab kita bisa mengetahui bagaimana motor itu telah dipakai dan dirawat oleh pemiliknya. Kita pun dapat menawar dengan lebih enak jika dengan orang yang kita kenal, apalagi jika yang jual motor itu tetangga.

 

Namun jika salah satu pihak mengalami kerugian, bisa-bisa pertemanan jadi hancur seketika

Mungkin agak berlebihan dibaca, tapi bukan tidak mungkin akan terjadi masalah jika bertransaksi dengan teman. Apalagi jika salah satu pihak merasa mengalami kerugian. Bisa-bisa pertemanan hancur karena sebuah transaksi ini. Sebaiknya bedakan urusan bisnis dan pertemanan ya!

Baja juga:   Perbandingan Biaya Servis Motor Injeksi di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Itulah plus minus yang bisa terjadi dalam pembelian motor bekas. Yang terpenting selalu mengecek setiap bagian dari motor yang akan Anda beli. Dan jangan lupa, membeli motor bekas tentu tidak semulus kondisi motor baru. Jadi pertimbangkan baik-baik antara budget yang hendak Anda keluarkan dan kondisi motor yang akan Anda terima. Silakan memilih!