Berapa Jam sih Service Motor yang Dibutuhkan biar Mesin Rasa Baru Lagi?

Servis motor merupakan hal wajib yang yang harus dilakukan bagi setiap pengguna motor. Meski sudah banyak fitur canggih yang disematkan pada motor-motor keluaran terbaru, tetap saja motor perlu diservis agar tetap memiliki performa yang prima. 

Namun kadang orang-orang masih malas melakukan servis rutin ini. Bukan apa-apa, ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka malas melakukannya. Bisa jadi Anda juga termasuk?

Tidak tahu kapan harus servis motor

Jangan salah, banyak lho pengguna motor yang hanya peduli “menggunakan” motornya aja. Bisa jadi karena motor tersebut adalah hadiah, atau yang menggunakan memang tidak tau bagaimana cara merawat motor tersebut. Alhasil motor hanya dipakai, dipakai, dan dipakai terus tanpa tau ada perawatannya.

Kecewa dengan Hasil Servis Motor

Banyak juga lho yang merasa kecewa karena ketika servis motor di bengkel hasil yang didapat tidak sesuai harapan. Misalnya lama menunggu, servis hanya dipegang-pegang aja tanpa dicek secara menyeluruh, bahkan sampai pada penggantian oli palsu.

Memang sangat menyebalkan jika mendapat pelayanan servis seperti ini. Karena itu Anda perlu pintar-pintar mencari informasi sebelum melakukan servis motor rutin motor injeksi Anda. Dalam artikel ini akan dibahas berapa jam servis motor injeksi yang ideal.

Berapa jam service motor

Ada beberapa hal yang perlu dicek dalam melakukan service motor bulanan atau service motor rutin. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemeriksaan dan mengganti oli mesin
  • Pembersihan, pemeriksaan dan penyetelan karburator
  • Pemeriksaan dan penyetelan celah klep
  • Pembersihan, pemeriksaan dan pengukuran atau celah busi, jika sudah tidak memungkinkan bisa diganti dengan yang baru
  • Membersihkan saluran udara
  • Pemeriksaan dan penyetelan jarak main bebeas kopling
  • Pemeriksaan dan penyetelan jarak bebas rem tromol
  • Pemeriksaan aki
  • Pemeriksaan dan menambahkan tekanan angin ban
  • Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
  • Penyetelan rantai roda
  • Pemeriksaan sistem kelistrikan
  • Pemeriksaan dan penyetelan putaran gas tangan
  • Pemeriksaan pergerakan bebas stang kemudi
  • Pemeriksaan saluran bahan bakar
  •  Pemeriksaan dan pembersihan saringan oli
  • Pemeriksaan air radiator
  • Pemeriksaan dan pengencangan baut mesin
  • Pemeriksaan dan penyetelan switch rem.
Baja juga:   Servis Mesin Motor Tanpa Bongkar Apa Bisa?

Untuk melakukan semua service ini, kira-kira dibutuhkan waktu 40 menit sampai 1 jam. Namun sayangnya, beberapa bengkel justru mengabaikan hal terpenting yang sangat esensial. Bahkan karena melalaikannya, servis rutin terasa sangat sia-sia. Padahal sebenarnya ada teknologi yang sangat simple, cepat, namun sangat memberi dampak untuk motor Anda. Yakni #rasamesinbaru.

Servis Motor yang Nggak Sia-sia tu Kayak Gimana?

Setuju kan, motor yang semakin lama dipakai akan semakin berukuran umur fungsinya? Bisa jadi, motor tersebut mengalami penurunan performa karena mesin dihajar untuk bekerja habis-habisan. Meskipun selama ini sudah melakukan servis motor rutin biasa, performa mesin akan tetap terus menurun. 

Apa yang menyebabkan mesin motor terus mengalami penurunan? Hal ini disebabkan karena oli yang dipakai tidak mampu menyesuaikan suhu pada mesin sehingga banyak kotoran yang menempel pada ruang mesin dan ruang bakar. Kotoran ini akan semakin memperparah kinerja mesin motor apabila servis rutin dilakukan dengan cara yang asal. Bahkan cairan injector pun tidak dapat merotasi mesin yang telah kotor. 

Bahayanya adalah, ketika mesin motor ini dipaksa bekerja dengan ruang bakar dan mesin yang kotor, motor akan terasa sangat kasar, tarikan berat, dan bensin juga jadi boros! Nah, kalau udah mengalami masalah-masalah seperti ini Anda wajib servis motor dengan cairan clean up dan tune up yang khusus dapat meruntuhkan kotoran-kotoran tersebut. 

Untuk membersihkan karburator motor, dibutuhkan pacu untuk RPM secara bertahap. Pertama mesin motor harus diberikan chemical khusus berupa cairan auto clean up yang dicampur dengan bahan bakar dan cairan auto tune-up yang dicampur dengan sisa oli. Selanjutnya motor dipanaskan untuk memanaskan ruang bakar dan penyimpanan oli. Di sini semua kotoran di dalam mesin akan rontok dan keluar bersamaan dengan oli yang diganti. Selanjutnya RPM akan ditarik dan mesin motor akan terpacu sehingga injektor dan ruang bakar akan bersih dari kotoran. 

Baja juga:   Inilah Sentra Penjualan Sparepart Second Jakarta

Oli dengan grade yang sesuai dengan Motor Injeksi

Untuk menjaga mesin yang telah bersih seperti baru, diperlukan juga oli yang sesuai dengan motor injeksi Anda. Yakni oli dengan kemampuan pendingin suhu yang berbasis PAO dan poliolester. 

Ester adalah minyak dasar grade tertinggi yang digunakan dalam formulasi pelumas untuk meningkatkan sifat-sifat minyak dasar yang ada. Oli ester dapat lebih banyak memiliki keunggulan pada suhu yang lebih tinggi dan akan memberikan deterjensi yang unggul dibandingkan dengan oli dasar sintetis PAO, yang pada gilirannya meningkatkan jam penggunaan. Oli inilah yang terkandung dalam oli X-Ten.

Oli X-Ten telah disesuaikan dengan semua jenis motor agar motor Anda memberi hasil mesin yang nyaman dan optimal dengan kerja yang maksimal!

Share: