Busi Motor Sering Basah? Jangan Diabaikan!

Mau tau apa kondisi buruk yang bisa menimpa motor kita? Itu adalah kejadian saat busi motor basah. Sangat menyulitkan sebab busi yang basah akan menyebabkan motor sulit hidup. Mungkin Anda sudah melakukan pembersihan namun tidak selang lama busi kembali basah dan motor kembali mogok. Tenang, ini nggak hanya terjadi pada Anda seorang.

Dalam komponen motor, busi memang menjadi salah satu komponen vital mesin. Karena fungsi dari komponen satu ini sangat mempengaruhi kinerja mesin. Lalu apa yang harus Anda lakukan supaya tidak mengalami hal-hal buruk karena busi rusak? Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

 

Penyebab Busi Motor Sering Basah

 

Businya yang sudah mulai rusak

Penyebab utama busi motor sering basah adalah karena busi itu sendiri yang sudah mulai aus dan rusak. Jika dalam kondisi normal, busi akan memercikkan bunga api saat motor dinyalakan. Namun jika busi tidak bisa memercikkan bunga api ketika distarter, maka campuran udara dan bensin akan masuk saat langkah hisap. Campuran udara dan bensin tidak akan mengalami pembakaran di dalam ruang bakar.

 

Sistem pengapiannya bermasalah

Sistem pengapian pada motor injeksi menggunakan CDI yang memanfaatkan kapasitor. Komponen pengapian CDI menyatu dengan rangkaian kontrol injeksi atau kita kenal sebagai ECM (engine control modul). Jadi komponen ECM berfungsi sebagai sistem pengapian dan juga memiliki fungsi untuk mengontrol injeksi atau sistem penyemprotan bahan bakar ke silinder.

 

Ada air yang merembes ke mesin

Ini bisa saja terjadi ketika Anda kehujanan atau bahkan ketika mencuci motor. Meskipun kondisinya jarang terjadi, bukan berarti busi kemasukan air tidak pernah terjadi. Air bisa masuk ke mesin lewat filter udara. Bisa saja ketika Anda menyalakan mesin keadaannya normal, padahal ada air yang ikut terhisap dan masuk ke intake.

 

Bisa jadi bahan bakarnya buruk

Bahan bakar yang bagus untuk mesin injeksi yakni bensin tanpa timbal alias RON 92 (Pertamax). Tetapi tak jarang pengguna motor injeksi lebih sering menggunakan bahan bakar dengan nilai RON 88 atau premium.

 

Ring kompresi aus

Oli dari mesin masuk ke dalam ruang bakar ketika piston beroperasi. Efeknya tak hanya membuat busi menjadi basah, warna asap knalpot pun menjadi berwarna putih. Asap putih disebabkan oleh oli yang ikut terbakar. Itulah penyebab busi motor Anda basah. Nah, untuk mengatasi busi motor yang sudah kemasukan air, maka ini cara yang bisa Anda lakukan.

 

Mengatasi Busi Motor Basah

Bersihkan mesin motor

Hayo rajin-rajinlah membersihkan mesin motor Anda, jika tidak bisa sebaiknya ke bengkel saja agar tidak timbul masalah. Dan jangan lupa untuk selalu servis motor Anda dengan rutin.

Cek kondisi ring piston atau silinder

Jika ring piston dan silinder motor Anda rusak, maka oli akan bocor dan masuk ke dalam ruang pembakaran. Busi pun menjadi basah dan kotor dipenuhi oli. Oleh karena itu, usahakan rutin untuk mengecek dua komponen tersebut pada saat motor Anda diservis. Kalau rusak sebaiknya diganti.

Bersihkan karburator

Sama seperti mesin, karburator yang jarang dibersihkan sehingga menjadi kotor bisa menyebabkan busi motor Anda basah. Oleh sebab itu, jika sudah merasa karburator motor Anda kotor, sebaiknya segeralah dibersihkan.

 

Terakhir beli bensin jangan di sembarang tempat

Kalau bensin yang Anda pakai tidak jernih bisa menyebabkan busi jadi kotor juga. Bensin yang tidak jernih itu bisa jadi sudah dicampur minyak atau oli. Itulah penyebab dan cara mengatasi busi motor yang basah. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga: 5 Cara agar Busi Nggak Rembes Air