Cara Aman Kerja Jarak Jauh Pakai Motor

Tak bisa dipungkiri, salah satu alat transportasi jarak jauh yang menjadi primadona adalah sepeda motor. Selain praktis, pengendara motor juga bisa zigzag dengan lincah membelah kemacetan dan bisa cepat sampai di kantor. Tentu saja, pengendara motor tak boleh lupa mengutamakan aspek keselamatan, apalagi jika setiap hari bekerja menempuh jarak yang jauh. Salah satunya seperti diver ojek online misalnya. Para driver ini harus selalu siaga menyiapkan stamina dan fisik motor agar terhindar dari bahaya di jalan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara motor jarak jauh, agar nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan.

Siapkan perlengkapan

Bepergian jarak jauh setiap hari tentu membutuhkan waktu lama di jalan raya. Anda harus menyiapkan perlengkapan yang tepat digunakan selama perjalanan, seperti jaket, helm, sepatu, dan sarung tangan. Tanpa perlengkapan yang memadai, perjalanan jauh Anda bisa membuat Anda lebih mudah lelah dan mengurangi fokus Anda di perjalanan.

Siapkan stamina

Selain perlengkapan, jangan lupakan kondisi diri Anda. Kondisi yang baik-baik saja, dengan stamina prima, tidak sakit atau kesehatan terganggu, membuat Anda nyaman dan aman berkendara dalam jarak yang jauh. Jika stamina Anda sedang nge-drop, sebaiknya tunda perjalanan Anda. Lebih baik terlambat asal selamat. Dapatkan energi prima terlebih dahulu baru Anda melakukan perjalanan jauh menggunakan motor kesayangan Anda.

Perhatikan kondisi motor

Hal yang juga penting tentu saja adalah memperhatikan kondisi motor. Agar aman dan nyaman dikendarai jarak jauh, motor harus siap luar dalam. Lakukan pengecekan mesin, rem, ban, lampu, dan komponen lainnya. Oli dan bensin juga perlu Anda persiapkan dengan baik. Bodi motor juga diusahakan lengkap dan semuanya berfungsi dengan baik. Akan lebih baik jika Anda sudah servis rutin di bengkel yang terpercaya, di Planet Ban misalnya. Jika kondisi motor sudah siap maka Anda pun bisa meluncur dengan tenang, meski jarak yang Anda tempuh sangat jauh.

Perhatikan cuaca saat Anda hendak berangkat

Berkendara di jalanan dalam kondisi cuaca yang bagus sangatlah menyenangkan, apalagi untuk perjalanan jarak jauh. Namun, ada kalanya cuaca tak menentu. Bisa saja di saat panas, tiba-tiba turun hujan lebat. Untuk itu, perhatikan cuaca saat Anda hendak berangkat dan siapkan jas hujan untuk melindungi diri Anda dari hujan yang bisa sewaktu-waktu turun menyapa Anda.

Perhatikan kondisi jalan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan yang hendak Anda lalui. Ada ruas jalan yang mulus-mulus saja, tak ada lubang yang mengganggu, misalnya, tapi ada juga ruas jalan yang perlu Anda waspadai. Perjalanan jauh sangat memungkinkan Anda bertemu dengan kondisi jalan yang berbeda; ada yang memudahkan Anda, tapi ada juga yang menyulitkan. Anda perlu memperhatikan kondisi jalan dengan baik agar bisa nyaman, aman, dan selamat sampai tempat tujuan.

Perhatikan fokus selama berkendara

Tak kalah penting, perhatikan fokus Anda. Apalagi untuk perjalanan jarak jauh, berkendara dengan motor banyak tantangannya. Selain cuaca, ada kondisi jalan yang perlu Anda waspadai. Begitu juga kendaraan lain yang ada di dekat Anda selama perjalanan, harus Anda perhatikan agar tidak terjadi tabrakan atau kecelakaan. Untuk itu, perhatikan fokus Anda selama berkendara jarak jauh. Jangan lengah agar Anda bisa terhindar dari risiko yang merugikan diri Anda.(w2)

 

Baca juga: Cara Merawat Motor yang Sudah 10 Tahun