Cara Darurat Tanganin Ban Tubeless Sobek, 10 Menit Beres!

Hai Hatebikers! Jenis ban apa yang Anda pakai untuk motor? Apakah ban dengan tube atau ban tubeless? Kedua jenis ban ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Misalnya, dari segi fisik ban tube type cenderung lebih kotak daripada ban tubeless. Pada kecepatan yang rendah, ban tube ini bisa lebih enak untuk selap-selip di tengah jalanan yang padat akan mobil di jalan raya.

Namun untuk ban tubeless, bentuknya yang bulat bisa memudahkan motor melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk maneuver akan lebih enak dan stabil.

Dari segi ketahanan pun ada yang berbeda dari kedua jenis ban ini. Jika ban tube bisa bertahan hingga 2 tahun lebih, ban tubeless mungkin hanya kuat dalam kisaran 1 sampai 1,5 tahun tergantung pemakaian.

Banyak pengendara motor yang lebih tertarik untuk memakai ban tubeless ketimbang ban tube type. Karena katanya, ban tubeless anti bocor. Tapi masa iya sih?

Mungkin istilah yang tepat untuk kelebihan ban tubeless adalah lebih tahan bocor. Karena ketika kena paku, ban tubeless tidak akan langsung kempes. Namun jika dibiarkan ban akan mengalami kerusakan di bagian steel belt yang pastinya berbahaya bila terus digunakan tanpa diobati.

Ketika ban tertancap paku, sebagian besar orang akan langsung panik dan cari bengkel pinggir jalan. Untuk ongkosnya kurang lebih Anda harus membayar 10-15 ribu. Namun apakah itu menyelesaikan masalah? Awalnya mungkin iya, tapi menambal ban tubles sobek akan menambah masalah Anda di kemudian hari. Sebab menambal mungkin hanya bisa bertahan selama beberapa minggu atau beberapa bulan saja. Setelah itu Anda akan disuruh menggunakan ban dalam.

Nah, lalu bagaimana cara darurat menangani ban tubeless yang sobek?

Dilansir dari justmyhobby.wordpress.com, berikut ini cara paling tokcer dan cepat saat keadaan darurat mengintai ban tubeless Anda!

  1. Dongkrak roda yang bannya bocor (ban tidak perlu dilepas).
  2. Putar setir agar ban mengarah keluar spakboard.
  3. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air.
  4. Setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex).
  5. Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering.
  6. Setelah kering tetesi dengan lem power glue sehingga lem meresap ke dalam lubang. Cukup dengan lem power glue yang harganya Rp. 1000 saja. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit.
  7. Lalu pompa lagi OK! Pekerjaan menambal selesai.
Baja juga:   Perbandingan Harga Diagnostic Tool Yamaha, Honda, Iquteche, dan MST

Cara ini merupakan cara yang paling praktis, hemat, cepat, dan dapat dilakukan sendiri meskipun Anda tidak jago-jago amat dengan hal permotoran. Hal ini disebabkan karena lem power glue memiliki daya adesif yang lebih tinggi dibandingkan dengan daya kohesif karet yang digunakan untuk menambal ban. Sehingga titik yang sobek tadi akan menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain. Tidak merusak jaringan karet ban, benang, dan kawat ban Anda.

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menangani ban tubeless yang sobek. Namun agak lebih bermodal ya, haha! Yakni datanglah ke gerai toko ban seperti Planet Ban! Beli ban tubeless baru yang sudah terjamin keasliannya dan langsung bisa pasang di sana tanpa biaya tambahan. Baca juga: JANGAN PANIK! LAKUKAN HAL BERIKUT JIKA MOTOR BERMASALAH DI JALANĀ 

Semoga bermanfaat!