Cara Membersihkan Busi, Karburator, dan Fuel Pump Motor Mio. Lengkap!

Membersihkan motor tidak hanya berarti mencucinya secara rutin saja. Sebab bagian motor bukan hanya luarnya, namun dalam nya pun ada elemen yang wajib diperhatikan dan dibersihkan secara rutin. Misalnya seperti busi, karburator, fuel pump, dan keseluruhan mesin motor tersebut. Ingatlah bahwa tidak ada artinya bila motor Anda cantik dari luar namun banyak kotoran di dalam mesinnya. 

Tentu saja masalah ini tidak pandang bulu, segala jenis motor tanpa terkecuali harus dirawat secara betul-betul bersih dan rutin. Termasuk juga motor Mio. Sebagai motor yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia, banyak yang bertanya bagaimana caranya dalam membersihkan motor mio baik dari busi, karburator, fuel pump, dan keseluruhan motor itu sendiri. 

Tanpa berlama-lama mari kita cari tahu bagaimana cara membersihkan motor Mio. Dalam artikel ini akan dibahas berturut turut, cara membersihkan motor mio, cara membersihkan karburator motor mio, cara membersihkan fuel pump motor mio, dan cara membersihkan mesin motor mio. Simak sampai habis ya!

Cara Membersihkan Busi Motor Mio

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Fungsinya adalah sebagai pemantik api untuk memulai proses pembakaran bahan bakar dan udara pada mesin. Maka dari itu Anda wajib merawatnya busi agar kinerjanya tetap maksimal dan panjang umur. Sayangnya banyak orang yang masih melakukan kesalahan dalam membersihkan busi.

Lepas dan rendam busi pada wadah yang diisi bensin

Melepas busi perlu teknik khusus. Jangan sampai menarik kabel karena bisa membuat kop busi jadi putus. Bila sulit melepas busi, gunakan kunci busi ya. Anda dapat membelinya di pasaran. Setelah dilepas, rendam busi dalam wadah berisi bensin. Hal ini bertujuan supaya kotoran mudah dibersihkan.

Baja juga:   Mengenal Lambretta, Masa Kejayaannya dan Potensi di Indonesia

Bersihkan busi dengan sikat kawat

Sikat kawat merupakan alat yang tepat untuk membersihkan busi yang kotor. Meskipun dalam penggunaannya lebih butuh kesabaran, namun sikat kawat dapat menghasilkan pembersihan yang lebih optimal. Namun ingat, sikat kawat hanya boleh digunakan di area yang kotor saja. Sebab jika asal digunakan akan membuat permukaan busi yang tidak kotor jadi lecet. 

Cara Membersihkan Karburator Motor Mio

Sama seperti membersihkan busi, siapkan wadah yang sudah diisi bensin. Buka filter yang menempel pada mulut Karburator. Lalu lepas kran bensin dan ditutup selangnya untuk mengganjal lubang agar bensin tidak keluar dari selang tersebut. Lepaskan tali gas yang mengikat pada bagian karbu. Kemudian buka filter dan bersihkan dengan cairan. Biarkan hingga mengering sendiri.

Lepaskan tutup katup (choke). Buka main jet dan pilot jet. Lalu semprot bagian lubang menggunakan tekanan angin tinggi dari kompresor. Bersihkan Spuyer dengan amplas alus dan gosok secara perlahan agar kotorannya rontok. Terakhir buka pelampung bensin.

Setelah semua selesai di bersihkan, sekarang saatnya memasang kembali seperti semula semua komponen pada karburator.

Awas ya, jangan sampai salah pasang, karena ini beresiko tinggi pada mesin motor nantinya. Karena itu perhatikan betul setiap step yang diarahkan agar tidak ada yang terlewat.

Cara Membersihkan Fuel Pump Motor Mio

Seiring dengan pemakaian, motor sudah mendapat banyak bahan bakar dengan berbagai jenis dan spesifikasinya. Kualitas yang bermacam-macam ini tentunya bisa membuat motor jadi brebet apalagi untuk motor injeksi. Kotoran yang menumpuk di tangki ini akan membuat bahan bakar jadi sulit mengalir di dalam fuel pump. 

Karena itu fuel pump harus dibersihkan alias dikuras setidaknya setiap 24.000 km. Caranya adalah dengan melepasnya dulu dari tangki dan merendam filternya sampai kotorannya rontok. Setelah filter bersih dan terlihat putih, semprotkan angin kompresor yang bertekanan tinggi agar tidak ada kotoran yang menempel di sela-sela filter. 

Baja juga:   Mengenal Lambretta, Masa Kejayaannya dan Potensi di Indonesia

Itulah cara membersihkan bagian-bagian motor Mio yang harus Anda ketahui, sebagai pengendara motor sebaiknya gunakan motor Anda dengan cermat dan penuh perhatian. Salah satunya yaitu dengan membersihkan bagian-bagian penting motor dengan rutin. Jika Anda masih kesulitan dalam membersihkan mesin motor, langsung saja datang ke Planet Ban! Karena di sana Anda dapat melakukan servis pembersihan mesin motor motor Mio Anda. Apalagi dengan teknologi canggih, servis ini dilakukan tanpa bongkar motor. Sehingga proses akan lebih cepat apalagi servis ini menggunakan cairan khusus clean up dan tune up. Daripada susah, mending ke Planet Ban aja! Semoga bermanfaat!