Inilah Bocoran “Ford Focus” Generasi Keempat

Sebagai salah satu merk dagang terkenal di dunia, Ford tak henti melakukan inovasi. Baru-baru ini, perusahaan otomotif asal Amerika ini disebut-sebut memerkenalkan generasi keempat Ford Focus ke publik di Inggris dan China. Agak menariknya mereka justru tak membawa model baru ini ke Geneva Motor Show 2018 awal Maret lalu.

Ini juga yang membuat publik bertanya-tanya, seperti apa sih tampilan baru generasi keempat mobil ini. Beberapa situs sudah merilis bahwa secara fisik, Focus generasi baru ini akan memiliki bentuk lebih ramping ketimbang generasi pendahulunya. Tak hanya itu, Focus generasi keempat ini juga akan menawarkan sensasi pengalaman berkendara yang sangat berbeda.

Pengalaman berbeda ini akan diperoleh karena Focus telah menggunakan teknologi semi-otonom yang mereka beri nama “Co-Pilot 360”. Dengan teknologi ini, mobil “generasi pintar” ini  akan dapat mencatat kecepatan saat berkendara dan memberikan informasi tentang jarak antara dengan mobil yang berada di depan. Sehingga pengemudi mobil pintar keluaran Ford ini dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depannya secara lebih safety.  Intinya, semua aspek penting dari sisi keselamatan sangat dipantau oleh sistem kontrol pelayaran adaptif yang bereaksi terhadap tanda-tanda batas kecepatan dan bahaya yang mengancam di depan kita.

Lewat versi baru dari Focus generasi keempat ini, memungkinkan pengemudi untuk memilih cruise control kendaraan dengan pilihanan Sport untuk laju agak cepat, Normal untuk kecepatan biasa dan model Eco untuk penghematan bahan bakar.

Fitur Co-Pilot 360 yang ada dalam Focus generasi baru ini, pengemudi juga akan terbantu apalagi jika penggunaannya dilakukan malam hari. Sebab, Co-Pilot360  juga dapat mengendalikan sistem pencahayaan adaptif yang mengubah pola lampu berdasarkan kontur jalan di depannya atau yang akan dilalui. Bahkan sistem tersebut bisa membaca tanda-tanda batas kecepatan, yang menunjukkan perbedaan wilayah perkotaan dan pedesaan.

Selain kelebihan-kelebihan tadi, yang menarik adalah Kabin Focus dirancang untuk menonjolkan layar infotainment  “melayang” di atas dasbord. Ford menyatakan konsol tengah sengaja dibuat lebih langsing karena tuas rem tangan telah dihilangkan dan digantikan dengan rem tangan listrik.

Pada model transmisi otomatis, tuas persneling juga telah “dipensiunkan” dan diganti tombol putar. Sejumlah tombol di dasbord juga dipangkas dan dipindahkan ke layar sentuh 8-inci yang dipasang di dasbord mobil. Layar itu memiliki spesifikasi tinggi dan berguna juga untuk menjalankan teknologi infotainment Sync3 Ford dan juga FordPass Connect,  yaitu teknologi yang menggunakan modem tertanam untuk menghubungkan mobil ke jaringan internet. Fungsi-fungsi ini setidaknya akan mengurangu tingkat stress pengemudi selagi menempuh perjalanan jauh.

Focus generasi keempat ini juga memiliki desain yang lebih sporty sekaligus sedikit lebih panjang dibandingkan generasi sebelumnya. Ford mengklaim telah menggeser kabin lebih ke belakang dan memasang kap mesin yang lebih panjang. Kesan sporty juga muncul berkat lengkungan roda belakang yang lebih menonjol dengan lubang knalpot ganda.

Focus generasi keempat dibangun di atas arsitektur C2 sehingga mengurangi kerumitan yang pada akhirnya membantu perusahaan menghemat uang.  “Kami sedang mengembangkan strategi One Ford untuk menemukan cara-cara baru untuk menciptakan mobil kecil yang tampak sporty sehingga akan disukai oleh para pelanggan kami,” ungkap Kepala Pasar Global Ford, Jim Farley baru-baru ini.

Penasaran dengan segala fitur baru milik Ford Focus generasi baru ini? Sayangnya, mobil generasi baru ini belum ketahuan kapan akan dirilis di tanah air. Namun berdasarkan laporan yang dirilis Autonews, Ford kemukinan akan melakukan rilis debut model kompak barunya itu pada April ini. Dan mobil dengan lima pintu versi real estat yang kemungkinan baru akan dipasarkan pada akhir tahun ini. (Y9/dari berbagai sumber)

Share: