Inilah Sentra Penjualan Sparepart Second Jakarta

Apakah Anda masuk dalam golongan penyuka modifikasi dan restorasi kendaraan lawas? Atau Anda ingin mencari onderdil atau sparepart kendaraan dengan harga “miring”? Kalau Anda masuk dua golongan tadi tampaknya Anda perlu mulai mencari pusat-pusat onderdil second.

Sebab di pusat-pusat onderdil second ini, Anda bisa mencari barang orisinil dengan harga yang pas dengan kantong. Sebab biasanya, barang-barang yang dijual bisa berbeda jauh dengan harga dari dealer atau showroom resmi.

Itu sebabnya, mengapa para penggemar otomotif kerap menyerbu lokasi-lokasi pasar onderdil second ini. Bahkan para pedagang dari luar kota pun kerap datang ke pusat-pusat onderdil yang dianggap menjual barang dengan harga miring tadi.

Lalu dimana pasar-pasar onderdil Jakarta yang kerap dijadikan surga bagi calon pembeli sparepart danaksesoris kendaraan? Mungkin beberapa tempat di bawah ini bisa menjadi lokasi target yang Anda dapat kunjungi.

1. Asem Reges

Tempat satu ini sudah sejak zaman baheula (baca :  dulu) dikenal orang sebagai salah satu pusat onderdil otomotif di bilangan Jakarta. Bahkan jauh sebelum ada pusat-pusat otomotif lain, orang ingatnya kalau mau beli aksesoris atau sparepart motor/mobil ya ke Asem Reges (daerah Sawah Besar, Pasar Baru), Jakarta. Ada banyak kendaraan umum melintas di sana, atau kalau lebih praktis tinggal naik KRL turun di Statsiun Sawah Besar dan tinggal jalan kaki ke sana.

Nama Asem Reges udah melekat dalam benak warga Jakarta, seperti Glodok yang terkenal sebagai “pusat elektronik”. Sehingga kalo bicara otomotif, ya pastilah arahnya ke sana. Apalagi Asem Reges juga terkenal sebagai pusat otomotif yang sangat lengkap. Dari barang baru hingga second, dari barang ORI hingga imitasi semua ada di sana. Yang lebih mantaps, harganya juga terkenal miring. Tapi awas! Karena di sana banyak calonya, jadi ada baiknya Anda langsung bertransaksi dengan pemilik toko.

2. Pasar Poncol Senen

Di pasar ini memang tak hanya menjual onderdil mobil, motor  dan berbagai mesin, tapi juga ada yang jual baju dan lain-lain, bahkan barang antik zaman penjajahan pun ada di Pasar Poncol ini. Harga dan keunikan dari pasar ini juga terasa berbeda, kalau Anda sedang beruntung bukan tak mungkin Anda bisa bertemu idola Anda, sebab sejumlah artis dikabarkan sering belanja di sini. Mengasyikkan bukan. Tapi ingat jika Anda membawa kendaraan dan akan berbelanja di sini, lebih baik Anda menggunakan parkiran Statsiun Senen agar lebih aman dan Anda pun tak risau jika haru meninggalkan kendaraan di parkiran Stasiun Senen.

3. Jalan Raya Bogor

Karena lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Bogor tepatnya setelah perempatan ke arah Ciracas menuju ke Gandaria, maka lokasinya akan mudah ditemui. Di lokasi ini berbagai suku cadang motor bekas atau baru dengan segala merek bisa ditemukan. Untuk soal harga, kayanya sih bisa “cincay-cincay (didamaikan)”, tergantung kepintaran Anda dalam tawar menawar. Makanya disarankan untuk tidak terpaku pada satu toko, karena di sana ada puluhan pedagang sparepart yang siap melayani Anda. Jadi carilah barang yang harganya paling miring tentunya. Walau kebanyakan yang dijual sparepart motor bekas, tapi untuk kualitas dijamin masih mumpuni. Tinggal pilih aja mau velg, knalpot, bodi-bodi, disk brake, sokbreker, spion semua ada. Kisaran harga sparepart bekas di sini mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenisnya. Mantap bukan?

4. Kramat Jati

Tak jauh dari Sentra onderdil Jalan Raya Bogor, Anda bisa menemui sentra onderdil bekas di Jalan Kramatjati,  Jakarta Timur. Sama seperti sentra di Jalan Raya Bogor, sentra aksesoris dan spare part motor bekas ini juga marak di sini. Konon tempat ini sudah ada di akhir tahun 1980an dan menjelang tahun 1990an. Aksesnya dari arah Cililitan, Anda tinggal lurus saja menuju Pasar Kramatjati atau dari Pasar Rebo menuju Kramat Jati. Lokasi sentra ini terhitung cukup nyaman dikunjungi, apalagi jika Anda hanya menggunakan motor karena tersedia lahan parkir lumayan luas.

5. Pal Merah

Sama seperti Asem Reges, pusat onderdil ini juga bisa diakses dengan kereta. Anda tinggal turun di Statsiun Palmerah dan menyusuri jalan menuju Pasar Palmerah. Tinggal tanya-tanya di mana pusat onderdil Pal Merah orang sudah tahu. Suku cadang dari berbagai merk dijual di sana.  Pokoknya Palmerah bisa disebut “one stop shopping” spare part kecil seperti baut, wiper, ac mobil, radiator, kaburator maupun power steering mobil.

Di pasar Palmerah ini konsumen dapat dengan leluasa mencari suku cadang tanpa harus berhadapan dan mendapat gangguan calo. Konsumen dapat langsung melakukan pemasangan suku cadang melalui para mekanik yang tersedia di pusat onderdil tersebut. Tapi disarankan negosiasi dulu soal harganya, sebab salah-salah nanti Anda terjeblos dan dipatok pemasangan suku cadang dengan harga yang tinggi.

Selain sentra-sentra suku cadang yang sudah kita bahas di atas, bukan berarti tidak ada sentra onderdil otomotif lainnya di Jakarta. Karena ada banyak sekali sentra onderdil yang belum kita sebutkan seperti Sentra Otomotif Tanah Abang dan Jalan Jati Baru, sentra spare part Kebon Jeruk 3, Sentra Pasar Minggu, Jalan Raya Lenteng Agung, Jalan Mampang Pratapan dan masih banyak lagi lokasi lain. Jadi silakan memilih, Anda mau berbelanja di mana?. (w2)