Penting! Ini Perawatan Motor Matic Vario Pasca Hujan

Mengendarai motor matic sehari-hari, memang membuat kita mendapatkan banyak sekali kemudahan. Ya misalnya kalau mau jalan, kita nggak perlu repot-repot ganti gigi dan cukup menarik pedal gas. Motor pun melaju sesuai keinginan kita.

Meski mudah, namun bagi beberapa orang perawatan motor matic jauh lebih rumit daripada motor manual atau biasa. Apalagi di saat musim hujan, sepeda motor ini butuh perawatan ekstra agar kondisi motor tetap nyaman saat dipakai. Sebaiknya, memang setelah menerabas hujan, motor matic segera dicuci selain agar tetap tampak bagus juga bisa mengurangi karat akibat air hujan, termasuk juga motor vario Anda.

Namun selain perawatan body si Vario ini, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal ini saat motor matic Anda baru saja dipakai untuk menerjang hujan.

Perawatan Motor Matic Pasca Hujan

perawatan motor matic pasca hujan - ihatebikes.net

Yang pertama, pastinya Anda harus cek kondisi busi. Karena fungsi busi pada motor matic sama seperti jantung tubuh kita. Jadi selesai mencuci motor, coba buka karet penutup busi untuk melihat apakah busi motor Anda kemasukan air. Jika Anda melihat ada terkena air segera keringkan dengan kain. Hal ini supaya proses pengapian pada busi Anda tetap baik.

 

perawatan motor matic pasca hujan - ihatebikes.net

Kedua, cek knalpot motor Anda. Karena pada saat menerabas hujan, biasanya Anda juga akan menggunakan motor matic vario Anda untuk menerabas genangan air yang cukup tinggi. Biasanya ini menyebabkan kotoran bahkan air ikut masuk ke dalam knalpot. Jika air yang masuk sangat banyak, hal ini nantinya akan membahayakan motor Anda. Sebab bisa saja air akan masuk sampai mengenai oli motor, karena itu pastikan betul bahwa air tidak masuk ke dalam knalpot Anda.

 

Baja juga:   5 Masalah Motor Karbu yang Paling Bahaya dan Solusinya

perawatan motor matic pasca hujan - ihatebikes.net

Setelah mengecek knalpot, lakukan pengecekan pada oli motor matic Vario Anda. Seperti yang diungkapkan di atas, pengecekan oli mesin serta oli gardan untuk memastikan bahwa air tidak merusak oli motor Anda, sebab jika rusak (berwarna keputihan seperti susu) berarti oli harus diganti agar tidak merusak mesin. Sebaiknya kuras oli agar kedepan tidak menyebabkan karat pada mesin dan mempercepat kerusakan komponen motor Anda.

 

perawatan motor matic pasca hujan - ihatebikes.net

Keempat pastikan area Continous Variable Transmission (CVT) juga tidak terkena air. Sebab air  hujan yang masuk ke area CVT bisa menimbulkan kerak dan merusak komponen CVT. Pembersihan boks CVT, khususnya bagian driven face (penjepit v-belt) diperlukan karena jika tidak, motor matic akan mengeluarkan bunyi kurang enak. Selain itu jika tidak dibersihkan akan berakibat sabuknya cepat getas dan roller penggeraknya jadi cepat aus. Makanya, pastikan betul Anda membersihkan bagian ini.

Bagian yang tak kalah penting untuk diperiksa adalah bagian rem. Cek betul kanvas rem. Sebab jika terkena air, biasanya kanvas rem menggelembung atau mengeras, maka periksa betul bagian ini seusai mencuci motor Anda. Ada baiknya menginjak-injak pedal rem agar kanvas rem cepat kering dan dapat menghindari pengerasan dan rem berbunyi keras ketika dipakai. Untuk rem cakram, Anda cukup membersihkan kotoran yang menempel pada piringan cakram.

 

perawatan motor matic pasca hujan - ihatebikes.net

Langkah keenam adalah membersihkan saringan udara yang menjadi komponen cukup vital juga pada motor matic. Maka setelah menerabas hujan, sebaiknya pastikan saringan udara motor Anda tetap kering. Jika basah, segera keringkan agar tidak mengganggu.

 

perawatan motor matic pasca hujan - ihatebikes.net

Langkah terakhir adalah pastikan bahwa kelistrikan motor matic Anda tidak mengalami gangguan berarti setelah menerabas hujan atau banjir. Jangan sampai air menggenang pada bagian soket kelistrikan Anda karena pasti lama-lama akan mengganggu sistem kelistrikan juga. Jadi jangan malas membersihkan air pada soket Anda dengan cara melepas soket terlebih, setelah itu tiup atau gunakan angin kompresor untuk memaksa air keluar.

 

Baja juga:   Cari Mesin Motor Copotan Di Jakarta

Jika Anda melakukan langkah-langkah tersebut, bisa dipastikan motor matic Anda akan aman-aman saja walaupun Anda sudah menerjang hujan. Selalu cari tips aman berkendara saat hujan. Ingat, lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

 

cr image to google