Penyebab dan Cara Mengatasi Pengapian Kecil Pada Motor

Sepeda motor merupakan alat transportasi nomor satu di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan harganya yang cukup murah dengan persyaratan untuk mendapatkannya cukup mudah. Untuk sepeda motor dapat bekerja dan dapat digunakan, pastinya sepeda motor memiliki sistem tersendiri, seperti proses pembakaran bahan bakar yang akhirnya dapat menghasilkan tenaga.

Pada proses pembakaran tersebut, terdapat pengapian awal agar seluruh sistem kerja sepeda motor dapat bekerja dengan maksimal. Bayangkan saja apabila sistem pengapian pada sepeda motor mengalami kerusakan, pastinya akan mengganggu aktivitas anda dalam berkendara. Untuk itu, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai penyebab pengapian kecil pada motor dan cara mengatasinya, berikut ini.

Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor

  • Koil Mengalami Masalah

Terdapat berbagai alasan penyebab pengapian pada motor menjadi kecil salah satunya adalah koil yang sedang mengalami masalah. Benda yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam permesinan yaitu untuk menggandakan tegangan rendah yang berasal dari aki atau spul di mana nantinya akan diproduksi menjadi tenaga ribuan kilo volt.

Untuk dapat mengetahui apakah koil mengalami masalah atau tidak, anda dapat melihat besarnya percikan api yang dihasilkan oleh busi sepeda motor dan besarnya tahanan kumparan. Apabila kerusakan tersebut benar-benar terjadi, biasanya sepeda motor akan kehilangan percikan api setelah dikendarai

  • CDI yang Sudah Usang

Selain koil, CDI atau Capasitor Discharge Ignition yang telah using pun dapat menjadi penyebab pengapian pada sepeda motor menjadi kecil. Salah satu tanda CDI pada sepeda motor anda telah using dan tak layak pakai adalah percikan api pada busi mengecil dan mesin tersendat ketika menginjak putaran tinggi.

Baca juga: 3 cara mudah memperbaiki cdi motor yang mati

Penyebab dari mesin terasa tersendat bisa jadi disebabkan oleh salah satu perangkat elektronik dalam CDI yang telah rusak. Selain itu, masalah tersebut juga dapat disebabkan oleh koil yang tidak mampu menopang frekuensi tinggi.

  • Spul Pengapian Terbakar atau Putus
Baja juga:   Perbedaan Sistem Kerja Motor Karbu dan Injeksi yang Paling Terasa

Spul merupakan salah satu komponen dalam sepeda motor yang memiliki fungsi yang cukup vital yaitu memberikan tegangan pengapian pada CDI AC. Salah satu pertanda dari rusaknya spul adalah pengapian yang bermasalah ketika distarter di mana salah satu penyebabnya adalah terputus atau terbakar yang secara fisik dapat dilihat dengan munculnya tanda gosong.

Untuk mengetahui apakah spul sepeda motor telah mengalami kerusakan atau tidak, anda dapat mengeceknya secara berkala dan melakukan penggantian dalam periode tertentu.

  • Pulser Putus

Penyebab lain dari pengapian sepeda motor yang kecil adalah pulser yang terputus. Apabila pulser rusak tetapi belum putus seutuhnya, mesin masih dapat menyala tetapi seperti tersendat-sendat. Gejala mesin yang tersendat akibat dari pulser yang terputus dapat dirasakan ketika mesin dalam putaran rpm bawah maupun tinggi.

Pada umumnya penyebab pulser yang terputus ini disebabkan oleh tidak adanya tegangan yang keluar sehingga listrik yang seharusnya disalurkan ke SCR justru terputus dalam CDI. Pulser yang putus ini bahkan bisa menyebabkan tegangan yang terdapat dalam kapasitor menjadi tidak dapat tersalurkan dengan baik menuju koil sehingga menyebabkan mesin menjadi mogok.

  • Masalah pada Busi

Penyebab terakhir pengapian pada motor menjadi kecil adalah terjadi masalah pada busi. Salah satu tanda sepeda motor memiliki busi yang bermasalah adalah keluarnya letupan kecil pada moncong knalpot. Sama seperti komponen sepeda motor yang lain, busi juga harus diganti secara berkala sehingga memiliki performa yang baik. Busi yang sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama biasanya akan mengalami masalah dan menyebabkan performa sepeda motor menjadi berkurang.

Penyebab lain dari terjadinya masalah pada busi adalah isolator yang terdapat di dalam busi terputus sehingga tegangan tidak dapat mengalir dengan sempurna.

Baja juga:   Akibat Sering Lupa Servis Motor Rutin, Ini yang Bisa Anda Alami

Cara Mengatasi Pengapian Kecil Pada Motor

mengatasi pengapian kecil pada motor - ihatebikes.net

Sistem pengapian merupakan hal yang sangat penting dalam sistem kerja sepeda motor. Sebenarnya sistem pengapian standar pada sepeda motor sudah mampu memenuhi kegiatan sehari-hari, namun terdapat beberapa orang yang merasa belum puas dan meninginkan memiliki sistem pengapian yang besar.

Jika anda sudah menaikan sistem pengapian pada sepeda motor, maka ukuran spuyer normal juga harus dinaikkan untuk mencegah sistem pengapian menjadi kering yang akhirnya mampu menyebabkan piston menjadi bolong.

Untuk ukuran sepeda motor standar, cara menaikkan sistem pengapian adalah dengan meningkatkan kapasitornya senilai 4.7 uF, di mana kapasitor ini adalah komponen elektronik yang pada umumnya banyak terdapat dalam tape, radio, TV dengan bentuk dua kaki panjang dan pendek. Pada umumnya kapaisitor memiliki bentuk seperti tabung dengan kaku berada pada bagian bawah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyambungkan kapasitor.

  • Sambungkan bagian kaki yang pendek dengan kabel dari komponen CDI
  • Untuk bagian kaki yang panjang, anda dapat menyambungkannya langsung dengan koil.

Selain cara di atas, terdapat cara lain untuk menaikkan sistem pengapian pada sepeda motor yaitu dengan model Ground Strap atau dengan cara memaksimalkan sistem kerja koil, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka koil, dan buka kabel tembaga yang masih dalam keadaan terbungkus.
  • Ambil kabel tembaga tersebut dan lilitkan ke sepanjang kabel busi dengan sangat rapat
  • Buat salah satu bagian ujung busi menjadi dudukan koil, dan usahakan agar ujung yang lain memiliki jarak yang cukup jauh dengan bagian paud besi
  • Bungkus semua kabel tersebut menggunakan solatip dengan rapat.

Demikian sedikit informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi pengapian kecil pada motor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

Baja juga:   Penting! Ini Perawatan Motor Matic Vario Pasca Hujan