Penyebab Karburator Motor Dingin

Seperti halnya daun-daun pagi hari yang terkena embun pagi, karburator juga bisa menjadi dingin. Apalagi banyak yang ditemui keluhan setelah motor digeber, tak lama karburator menjadi dingin dan berembun. Salah satu kasus yang kami temui adalah ketika PWL Ninja R standar menggunakan spuyer ukuran 45/135 sedangkan ukuran spuyer standar byson adalah 15/115. Mungkin banyak dari Anda yang juga mengalami kisah serupa. Dari cerita tersebut sudah jelas spuyer dari karburator kebesaran untuk ukuran Yamaha Byson. Sudah paham?

Dikutip dari masbengkel.com, penyebab karburator motor dingin diakibatkan ukuran spuyer yang terlalu besar. Kalau masalahnya demikian maka Anda bisa mengecilkan ukuran spuyer, memperbesar ukuran leher knalpot dan melakukan porting pada saluran klep.

Selain masalah tersebut, ada dua hal lain yang dapat menyebabkan karburator motor dingin. Selengkapnya, mari baca sampai habis.

Terlalu banyak bensin di dalam tangki

Karburator dingin hingga berembun biasanya karena pelampung atau takaran bensin dalam mangkok terlalu banyak. Gejala yang terjadi adalah badan karbu berembun atau bisa juga dibilang berkeringat. Selain itu saat jetting spuyer yang dirasa sudah pas namun saat bleyer di tempat kedengaran basah dikit brebet. Ketika motor dibawa jalan tarikan motor pas tidak brebet tapi tidak responsif.

Suhu udara yang sangat dingin

Udara yang ada di sekeliling karburator mengandung uap air. Ketika karbu terisi bensin, karbu menjadi dingin sehingga udara yang bersentuhan dengan karbu dingin ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar karbu.

– Pendinginan pada badan karburator. Pendinginan disebabkan oleh udara masuk dengan kencang. Pendinginan juga disebabkan oleh penguapan/pengkabutan bensin.

Baja juga:   Perbandingan Biaya Servis Motor Injeksi di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

– Evaporasi udara, akibat proses pengkabutan antara bensin dan udara. Udara yang lembab mengandung air. Nah kandungan air inilah yang juga menyebabkan banyaknya keringat air.

Itulah dua faktor utama yang menyebabkan karburator motor jadi dingin bahkan berembun. Semoga bermanfaat!