Saat Lampu Indikator Menunjukkan Pulser Motor Rusak, Ini Cara Ceknya!

Lampu indikator motor yang mati dapat menunjukan beberapa masalah sedang terjadi pada sepeda motor. Baik itu motor matic maupun bebek, lampu indikator sangatlah penting untuk memberi sinyal pada pemilik motor tersebut. Salah satu tanda yang diberikan adalah kerusakan yang terjadi pada pulser motor.

Apa itu pulser? Pulser motor adalah sebuah perangkat penting dalam mesin kendaraan bermotor  berbahan bakar bensin yang berfungsi sebagai penentu waktu kepada CDI (Capacitor Discharge Ignition) maupun TCI (Transistor Control Ignition) untuk memantikkan listrik yang akan diteruskan ke proses pengapian oleh busi. Jika disederhanakan pulser dapat membaca atau mendeteksi posisi piston motor untuk menentukan timing pengapian.

Jika belum tau bentuknya, pulser merupakan besi yang memiliki magnet dan dililit kawat tembaga halus. Jadi ujung-ujung pulser itu dapat mengalirkan listrik jika didekatkan pada besi yang ditarik-ditarik karena memiliki unsur magnet. Aliran listrik tersebut dapat dilihat menggunakan alat seperti avometer dengan jarum penunjuk pemakaianya mengarah pada ohm meter skala  x10 atau x100.

Ciri Pulser yang Lemah

Pulser yang lemah biasanya bisa kita rasakan saat melaju kencang dan motor terasa tersendat-sendat seperti kehabisan bensin. Namun jika lilitan pada pulser itu putus, maka motor tidak dapat hidup sama sekali. 

Beberapa motor memiliki jenis atau posisi pulser yang berbeda. Misalnya ada motor yang menggunakan pulser terpisah dari spul magnet. Yakkni ada penghubung/soketan tembaga seperti pada Honda Tiger, Honda GI Neotech. Beberapa motor lain ada pula yang menggabungkannya dengan spul magnet, sehingga jika pulser lemah maka otomatis ganti spul magnetnya juga. Sehingga pulser lemah akan memberikan efek yang berbeda juga.

Cara Cek Pulser Motor

Cara paling mudah tentu saja dengan merasakan lemahnya tenaga motor. Setiap sparepart harus diperhatikan jangka waktunya karena bisa jadi, bukan hanya pulser yang mengalami aus, Sebab fungsi pulser pada motor sangatlah wajib kita cek apakah masih layak atau mesti kita ganti dengan part yang baru.

Baja juga:   Ketika Pengapian Thunder Hilang, Ini Cara Mengatasinya!

Sebelum cek pulser perlu diketahui bahwa lilitan kawat tembaga yang berada di dalam pulser adalah kawat tembaga yang berbentuk kecil dan sangat halus. Jika kita tempelkan beberapa kali pada ujung komponen, pulser nantinya otomatis di ujung lilitan pulser akan mengalirkan arus listrik namun sangat kecil. Yakni pada skala 0,5 sampai dengan 1 volt.

Kemudian, coba hubungkan besi pada pulser secara berulang-ulang, nantinya apabila jarum avo meter bergerak-gerak berarti terdapat arus listrik didalam pulser dan menandakan bahwa pulser motor kita dalam kondisi baik. Namun jika tidak ada pergerakan sama sekali maka pulser bisa dikatakan rusak. 

Demikian pembahasan tentang kerusakan pulser pada sepeda motor. Semoga bermanfaat!