Tarikan Motor Matic Kamu Berat? Mesti Cek 3 Bagian Ini!

Halo bro-bro yang masih setia pakai motor buat ngapelin si sayang. Gak pakai mobil bukan berarti misqueen, ini adalah pilihan.. jiaahh.. Pilihan untuk bertahan hidup ketimbang gengsi sok dengan kemewahan. Dahlah. Skip.

Sekarang saatnya kita berbagi tips buat jika motor yang biasa Anda pakai sehari-hari terasa berat tarikannya. 

Tarikan Motor Matic Berat

Bukan hal yang luar biasa kalo motor jadi berat, ya namanya motor dipakai sudah lama pasti ada-ada saja masalah yang timbul. Khususnya pada motor matik yang pakai transmisi otomatis. 

Masalah ini akan lebih cepat terasa jika Anda jarang melakukan servis secara berkala. Rasa-rasanya pasti nggak nyaman, digas tinggi tapi kecepatan nggak bertambah. Baiklah kita langsung saja cek apa saja kemungkinan yang wajib dirawat agar tarikan motor Anda enteng.

Penyebab tarikan gas motor matic terasa berat

Bagian filter udara

filter udara - ihatebikes.net
sumber: gridoto.com

Dalam proses pembakaran dibutuhkan udara untuk menghasilkan tenaga. Udara masuk melalui filter udara dan disaring menuju ruang pembakaran. Oleh karena itu tak heran pada bagian ini banyak ketempelan kotoran-kotoran akibat proses filtering.

Karena kotor, udara yang masuk pada bagian pembakaran akan berkurang. Tenaga yang dihasilkan pun ikut berkurang yang menyebabkan tarikan terasa lebih berat.

Bagian kampas kopling

kampas kopling - ihatebikes.net
sumber: automotive kompas

Kampas kopling yang terus-menerus bekerja juga bisa membuatnya habis. Jika semakin habis biasanya motor akan kekurangan tenaga dan serasa tertahan di jalan. Suaranya pun jadi kasar, menimbulkan suara tak beraturan. 

CVT belt

cvt belt - ihatebikes.net
sumber: motorplus online

Fungsi CVT belt adalah sebagai penghubung roda belakang dengan mesin sehingga motor dapat bergerak maju ke depan. Khusus untuk motor matik CVT belt ini bisa saja getas dan putus karena usia pemakaian. 

Baja juga:   Berapa Harga V Belt Motor Matic?

Bagian CVT belt ini bisa dibilang paling penting karena kalo sampai putus di jalan, roda nggak bisa berputar lagi. 

Itulah 3 bagian penting yang harus diperiksa ketika tarikan motor terasa berat. Bagian yang harus dikoreksi adalah 3 komponen di atas seharusnya dicek secara berkala, yaitu dengan servis rutin.

Namun filter udara, kampas kopling, dan CVT merupakan bagian yang sulit untuk dicek sendiri. Agan bahkan harus ke bengkel yang khusus bisa menangani bagian-bagian di dalam CVT.

Solusi Supaya Tarikan Motor Matic Nggak Berat Lagi

Solusinya udah pasti komponen-komponen tersebut dibersihkan dan diperiksa kondisinya. Supaya motor gan sis kembali rasanya seperti sedia kala.

Ada dua cara untuk menanganinya. Pertama dengan membongkar semua komponen tersebut. 

Atau cara kedua servis rutin pakai cara modern seperti yang ditawarkan oleh Planet Ban dengan Servis Rutin Planet Ban. Setiap komponen di atas dibersihkan dengan cairan khusus pembersih bagian motor. Pastinya proses kedua ini lebih cepat dan biayanya terjangkau. 

Prosesnya yaitu dengan membuka cap CVT. Kemudian setelah CVT dibuka, dibersihkanlah isi bagian-bagian dalamnya seperti rumah roller, kampas kopling, belt, dan mangkok koplingnya. Bagian CVT belt juga diberikan belt conditioner agar tetap lentur dan sehat. 

Sudah lebih dulu dipublikasikan di kaskus ihatebikesnet.