Tips Menggunakan Cairan Pembersih Kerak Mesin Motor

Kerak motor merupakan hal kecil yang bisa berpengaruh besar pada performa mesin motor. Semakin menumpuknya kerak pada motor anda, maka semakin membuat mesin anda bekerja lebih keras lagi. Dan lagi, bagian mesin motor masih menjadi hal yang sering luput dari perhatian. Masih banyak yang berpikir jika ganti oli dan servis berkala sudah cukup untuk merawat motor. Namun, kerak motor dibiarkan dan dianggap hal yang lumrah karena pengaruh oli dan debu jalanan.

Cairan Pembersih Kerak Mesin Motor

Ketika mencuci motor, bagian mesin seringkali dilewati. Karena ketika digosok dengan sabun cuci motor, kerak hitam sangat sulit dihilangkan. Hal tersebut sebenarnya penting dilakukan, karena untuk menjaga mesin kita dari kotoran dan debu dari jalanan yang kita lalui setiap harinya. Apalagi dengan munculnya rembesan oli pada bagian luar mesin, menjadikan debu akan mudah menempel. Dan bila dibiarkan hingga lama, maka kotoran akan semakin menumpuk dan semakin susah dibersihkan. Untuk itu, ketika mencuci motor anda, membutuhkan cairan pembersih kerak mesin motor. Namun, jangan salah, banyak benda di sekitar kamu yang mudah ditemui bisa digunakan untuk membersihkan kerak motor. Berikut cairan pembersih kerak mesin motor yang dapat anda temukan di rumah anda.

Menggunakan Deterjen untuk Cuci Baju

Deterjen baju merupakan benda yang mudah ditemukan, karena pasti tersedia di rumah atau kost anda. Saat ini, banyak produk deterjen yang ampuh menghilangkan noda yang bandel. Hanya dengan mencampur air dengan deterjen, baik serbuk atau cair, dalam sebuah bak. Jangan lupa untuk menyiapkan kain lap, kemudian masukkan ke dalam bak. Usapkan kain lap pada permukaan mesin hingga kotoran debu atau oli menjadi hilang. Untuk bagian yang sulit dijangkau, disarankan menggunakan sikat gigi bekas. Kemudian semprot dengan air bersih dan keringkan.

Baja juga:   Harga Ban di Planet Ban Lebih Mahal dari Harga Eceran 2019

Menggunakan Cairan Pembersih Porselen

Memang cairan pembersih porselen cukup ampuh untuk menghilangkan kerak yang menempel di toilet anda. Dan kebanyakan orang memilikinya di rumah. Untuk caranya cukup taruh ke dalam wadah kecil dan siapkan sikat yang kasar. Celupkan sikat kasar ke dalam cairan pembersih, kemudian gosok pada permukaan mesin yang berkerak hingga noda bisa terangkat. Baiknya, setelah penggunaan cairan pembersih porselen, lanjutkan dengan air yang dicampur deterjen agar permukaan mesin lebih bersih lagi. Hati-hati dalam penggunaan cairan pembersih porselen, pakai sarung tangan plastic agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit anda.

Menggunakan Bensin atau Solar

Apabila masih menempel kotoran pada permukaan mesin motor, bisa gunakan cairan bahan bakar seperti bensin atau solar. Cukup ampuh untuk menghilangkan noda-noda oli atau minyak di sela-sela mesin. Karena, bahan bakar memiliki sifat membilas dan cukup mudah melunturkan kotoran-kotoran terutama di permukaan mesin. Caranya cukup mudah, hanya menggunakan kuas cat kecil, atau sikat gigi bekas. Tuang bensin dalam wadah, celupkan kuas atau sikat gigi kemudian gosok pada bagian mesin yang memiliki kerak. Apalagi bagian mesin yang kecil-kecil dan sulit dijangkau oleh kain lap, gosok dengan kuas atau sikat gigi yang sudah ada cairan bahan bakar tersebut. Setelah semua kerak dan noda oli sudah mengelupas, semprot dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering.

Menggunakan Larutan Asam Cuka

Untuk bagian yang berkarat, anda dapat menggunakan asam cuka. Larutan asam cuka terbukti ampuh untuk menghilangkan karat pada besi. Karena zat asam yang terkandung akan menjadikan oksigen sebagai proses oksidasi pada besi. Namun, hati-hati dalam penggunaannya. Karena larutan asam cuka dapat merusak cat pada bagian motor lainnya. Penggunaan larutan asam cuka cukup dengan menggunakan sikat. Celup pada wadah yang telah berisi larutan asam cuka, kemudian gosok pada permukaan mesin yang berkarat. Setelah itu, cukup semprotkan air hingga karat benar-benar hilang.

Baja juga:   Perbandingan Harga Diagnostic Tool Yamaha, Honda, Iquteche, dan MST

Menggunakan Amplas untuk Bagian yang Berkarat

Amplas digunakan jika berbagai macam cairan tidak dapat dibersihkan. Biasa terjadi pada mesin yang tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Hingga karat telah menumpuk dan susah dihilangkan. Anda harus menggunakan amplas halus atau kasar, tergantung pada kondisi karat pada permukaan mesin.

Mengecat Ulang Mesin Motor

Cara terakhir agar permukaan mesin motor kembali baru adalah dengan cara cat ulang. Namun, kondisi ini harus dilakukan saat beberapa bagian yang berkarat telah hilang setelah diamplas. Dan dicuci dahulu hingga bersih agar hasil cat ulang lebih bagus. Kekurangannya adalah, proses ini harus membongkar seluruh bagian mesin. Dan harus menutupi bagian-bagian kecil mesin agar cat tidak masuk ke dalam mesin.

Demikian beberapa contoh cairan pembersih kerak permukaan mesin motor dan cara menggunakannya. Agar tidak terjadi karat dan menempelnya noda-noda yang mengganggu, lakukan pembersihan secara berkala agar tidak menumpuk dan menjadi susah dibersihkan. Mesin memang bagian paling utama dalam kendaraan bermotor. Dan tidak hanya permukaannya saja yang penting. Bagian dalam mesin justru sangat penting untuk dibersihkan. Sebelum itu silakan baca dulu pentingnya membersihkan kerak pada bagian dalam mesin motor.

Ingat, bukan saja permukaannya yang perlu Anda perhatikan. Kesehatan mesin motor juga harus dirawat dari dalam. Yakni dengan menggunakan cairan khusus clean up dan tune up. Saat ini, servis dan pembersihan kerak permukaan mesin menjadi layanan terbaru dari Planet Ban: Rasa Mesin Baru. Yang menjadi keunggulan dari servis motor ini adalah karena menggunakan teknologi yang dapat merontokkan kerak pada mesin motor anda, dan tentunya proses servis tidak lama dan sangat aman. Dijamin, motor akan terasa baru setelah melakukan servis motor di Planet Ban.

Baja juga:   Inilah Sentra Penjualan Sparepart Second Jakarta