Home My Blog 3 Alasan Wajib Rajin Ganti Oli Motor

3 Alasan Wajib Rajin Ganti Oli Motor

Ganti Oli Motor

Ganti Oli Motor – Pertanyaan itu kadang menggoda bagi para pemilik kendaraan baru. Bahkan pengendara motor atau mobil lama pun kerap kurang menyadari pentingnya melakukan ganti oli. Mereka umumnya menganggap aktivitas itu sepele, sehingga seringkali lupa bahwa sudah saatnya ganti oli. Padahal oli yang rajin diganti bisa membuat baik motor maupun mobil mesinnya tahan lama. 

Agar bisa paham kenapa kita wajib rutin ganti oli, perlu tahu apa sesungguhnya fungsi dari pelumas satu ini. Sesuai namanya, pelumas, maka oli berguna melumasi suku cadang dan komponen kendaraan bermotor Anda agar mesinnya tahan lama. Tanpa oli, maka mesin cepat aus, kotor, panas, dan tentu saja mudah rusak.

Ganti Oli Motor

Ganti Oli Motor

Sebagai pendingin mesin

Mesin pada kendaraan bermotor akan bekerja tiada henti selama berjalan. Kian lama mesin bekerja, suhunya pun kian naik, ini menjadikan mesin makin panas. Di sini oli berguna untuk mendinginkan mesin, agar tidak lekas panas dan rusak. Oli berbahan ester seperti keluaran X-Ten mampu membuat suhu mesin stabil, sehingga mesinnya tahan lama walau dipakai melaju kencang. Pendinginan ini memicu performa mesin yang lebih baik, sehingga bisa hemat bahan bakar juga.

Memperhalus suara

Pembakaran pada mesin diproses oleh komponen piston, porong engkol, serta batang piston. Tanpa pelumas, tiga bagian tersebut akan saling bertumbukan, menghasilkan suara berisik. Ditambah lagi gesekan antar ketiganya membuat komponen cepat aus. Dengan adanya oli maka suara yang dihasilkan dalam proses pembakaran menjadi halus. Benturan pun teredam, dan semua komponen terhindar dari kerusakan. 

Karena itu perlu pelumas bermutu agar suara mesin Anda jadi lebih ok. Inilah yang jadi alasan kenapa Anda harus memakai oli berbahan ester seperti yang dimiliki oli X-TEN. Sebab oli dengan kandungan ester yang sudah disertifikasi SNI dan JASO ini punya masa pakai lama, yaitu mencapai 5.000 kilometer pada motor, dan 15.000 kilometer pada mobil.

Sebagai pembersih mesin

Setiap oli mengandung zat pembersih yang mampu menghilangkan residu dan kotoran yang dihasilkan dari proses pembakaran. Oli dengan kandungan ester mempunyai daya cleansing alias pembersihan yang lebih tinggi, seperti semua varian oli X-TEN. Kotoran yang dilepaskan oleh oli akan tersaring, dan oli yang melapisi mesin pun tetap bersih. Tapi ingat, ini pun ada masanya. Pada suatu waktu oli harus diganti agar semua kotoran terbuang ketika Anda melakukan pergantian. Dengan perawatan seperti ini maka baik motor maupun mobil mesinnya tahan lama dan yang penting entengnya tahan lama juga.

Dengan mengetahui tiga fungsi utama oli tadi, maka kita jadi paham mengapa harus rajin ganti oli. Kapan sebaiknya kita ganti oli? Semua tergantung pemakaian, dan daya tahan oli. Seperti sudah disebut tadi, oli berbahan ester dari X-TEN punya masa pakai yang lebih lama dibanding oli lain. Idealnya, seringlah memeriksa jarak tempuh kendaraan Anda. Selain rajin ganti oli, tentu sebaiknya Anda juga rajin menjaga kebersihan mesin kendaraan Anda. Dengan begitu maka mesinnya tahan lama.