oli yang bagus untuk mesin

Oli yang Bagus untuk Mesin – Setiap pemilik motor pasti ingin kendaraan yang mereka miliki mesinnya tahan lama, berumur panjang, tidak mudah loyo, irit bensin, dan lain-lain. Semua hal yang bermanfaat dari motor andalan tentu ingin dirasakan dengan sempurna. Perawatan kendaraan pun menjadi penting, dan salah satu caranya, dengan memberikan konsumsi oli yang berkualitas pada motor kesayangan.

Dengan demikian, Anda wajib menggunakan oli motor yang bagus agar kinerja mesin juga baik. Ini akan berpengaruh sangat baik pada awetnya kendaraan Anda, bahkan Anda bisa hemat BBM. Banyak ciri oli motor yang bagus, yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Berikut ini beberapa ciri yang bisa untuk menambah inspirasi Anda dalam menggunakan oli motor terbaik.

Oli yang Bagus untuk Mesin

Jarak Tempuh Sesuai yang Tertera pada Label Oli

Produk oli yang dikemas dalam beragam merek mempunyai jarak tempuh yang berbeda-beda. Ciri oli motor yang bagus adalah jarak tempuhnya sesuai dengan yang tertera pada label produk. Anda perlu memperhatikan hal ini saat membeli oli. Informasi jarak tempuh juga dapat menjadi panduan kapan saatnya Anda ganti oli. Jangan terlambat ganti oli agar tidak terjadi kerusakan pada komponen kendaraan Anda.

Jika Anda terlanjur membeli oli dan ternyata daya tahan pelumas ini tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan pada label, segera saja ganti merek. Jangan biarkan kendaraan yang menjadi andalan untuk aktivitas mengonsumsi jenis oli yang tidak baik, yang pada akhirnya membuat Anda boros, mengeluarkan uang lebih untuk kembali membeli oli sebelum waktu yang seharusnya. Bahkan, Anda harus servis mesin karena salah pilih oli.

Bisa Melapisi Logam Mesin

Ciri lain dari oli yang bagus adalah bisa melapisi logam mesin pada motor Anda. Ini membuat kendaraan Anda mesinnya tahan lama, tidak mudah rewel, atau ngambek. Anda pun merasakan enaknya berkendara dengan motor kesayangan karena pelumasan yang sempurna, yang melapisi logam mesin secara optimal. Selain mampu melapisi logam mesin, oli motor yang bermutu bisa membuat kinerja mesin terjaga dengan baik dan tidak mudah aus, serta mampu menahan gesekan putaran mesin. Dan yang paling penting tarikan mesin motor kita entengnya tahan lama.

Tidak hanya itu, oli motor berkualitas dapat dilihat dari mampu tidaknya menambah kecepatan motor. Jika oli yang Anda beli berpengaruh pada laju motor yang lebih cepat dan optimal, berarti baiklah mutunya. Jika tidak ada pengaruh apa-apa terhadap kendaraan Anda, bahkan laju motor loyo atau tidak punya energi, segera ganti oli Anda dengan oli yang lebih bagus.

Bisa Menjaga Kopling Tidak Selip

Oli motor yang dapat diandalkan juga mampu menjaga kopling tidak selip. Dengan demikian, laju kendaraan Anda akan semakin lancar, dan Anda juga dapat berkendara dengan aman serta nyaman karena bisa main kopling tanpa rasa khawatir. Di samping itu, oli motor yang Anda gunakan bisa menjaga mesin tidak mudah panas. Ini menjadi jaminan bahwa oli yang Anda pakai mereknya bagus, bisa diandalkan untuk awetnya kendaraan kesayangan.

Anda bisa memilih oli motor berkualitas, seperti oli X-TEN. Oli ini bikin mesin tahan lama dan entengnya tahan lama. Lapisan ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. 

Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya.

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda bisa membeli X-TEN di Planet Ban.