Home My Blog 3 Dampak Buruk Malas Ganti Oli Motor

3 Dampak Buruk Malas Ganti Oli Motor

Ganti oli motor

Ganti Oli Motor – Mengganti oli jadi salah satu perawatan wajib bagi pemilik kendaraan, baik motor ataupun mobil. Sekilas aktivitas ini remeh, sebagian orang kerap menyepelekan atau menunda-nundanya. Bisa jadi karena malas, merasa buang-buang waktu saja. Dari sini kita sadar bahwa dalam benak setiap pemilik kendaraan pasti ingin olinya tahan lama, jadi tak perlu bolak-balik ke bengkel.

Asal tahu saja, menunda ganti oli dapat berakibat fatal pada kendaraan kita loh. Apa saja itu? Ayo kita telaah bersama apa tiga dampak buruk jika sering menunda ganti oli.

Ganti Oli Motor

Ganti oli motor

Mesin rusak

Oli yang jarang diganti bisaberubah warna jadi hitam, berarti sudah kotor. Residu mengendap dan mengganggu performa mesin. Kalau terus dibiarkan maka mesin akan rusak. Biaya yang harus dikeluarkan akan jauh lebih banyak ketimbang biaya perawatan ganti oli. Karena itu sebaiknya Anda jangan menunda sebelum mesin rusak untuk mengganti mobil Anda.

Apalagi kini juga sudah tersedia oli X-TEN yang punya masa pakai lebih lama dari oli biasa. Karena oli X-TEN, penggunaannya bisa mencapai 5.000kilometer pada motor, dan 15.000 kilometer pada mobil. Panjangnya masa pakai ini membuat olinya tahan lama dan bahkan tarikannya tahan lama.

Mesin tidak bekerja baik

Merasa mesin baik-baik saja karena tidak rusak? Tunggu dulu, itu hanya masalah waktu. Mesin yang tersumbat residu oli akan bekerja tersendat-sendat, cepat panas. Otomatis akan membuat kendaraan sering ngadat. Tarikannya tidak lagi enteng, rasa nyaman pun tak lagi bisa dinikmati pengendara. Waspada saja, motor atau mobil Anda dapat mogok sewaktu-waktu. 

Sebenarnya ini bisa dicegah apabila Anda rutin melakukan ganti oli dengan oli berkualitas tinggi, seperti oli yang mengandung ester. Adalah Oli X-TEN yang merupakan salah satu oli yang menggunakan bahan ester sebagai bahan dasar olinya. Sebagai salah satu base (dasar) oli tertinggi saat ini, kandungan ester dalam oli X-TEN menjamin kendaraan Anda tidak akan mogok dan bisa tangguh di segala kondisi lapangan. Dan yang lebih penting tarikan mesin jadi entengnya tahan lama serta mesinnya tahan lama juga.

Boros BBM

Kalau mesin sudah sering ngadat, tarikan berat, tak ayal lagi alamat boros BBM. Beratnya kinerja mesin memicu dibutuhkannya lebih banyak energi dan pembakaran. Artinya, akan lebih banyak dibutuhkan BBM setiap kali kendaraan dipakai. Bayangkan, yang mestinya sekali jalan hanya menghabiskan 2 liter BBM bisa melonjak jadi 4 liter hanya karena mesin yang bekerja terlalu berat. Sudah tidak nyaman dipakai, kendaraan pun boros BBM. Bukankah ini sangat merugikan?

Karena itu sering-seringlah mengganti oli dengan oli berkualitas merek X-TEN. Seperti yang dibahas di atas Oli X-TEN bisa membuat umur mesinnya tahan lama dan entengnya tahan lama juga.  

 

Nah itu tadi dampak negatif dari malasnya ganti oli sudah nampak jelas di depan mata. Lebih jauh lagi, motor atau mobil Anda bisa cepat rusak, dan akhirnya sering turun mesin. Sudah rugi waktu, tenaga, dan pastinya biaya. Jadi ayo cegah tiga masalah tadi dengan rajin mengganti oli mesin berkualitas seperti X-TEN.