3 Kebiasaan Penyebab Ruang CVT Cepat Panas dan Sabuk Cepat Getas

Pengguna motor matic di zaman sekarang sudah tak terbendung banyaknya. Saking praktis dan minim perawatan jadi bikin masyarakat suka berkendara pakai motor ini. Apalagi sekarang sudah ada embel-embel fitur FI, yang katanya lebih hemat BBM dan lebih smart. Makin nyaman aja pergi ke TokoPakEdi pakai motor.

Namun namanya buatan manusia, motor matik tetap memiliki kekurangan. Contoh yang paling banyak dialami adalah ruang CVT panas. Apakah Anda tau apa artinya kalau sudah gampang panas seperti ini? 

Kalo udah panas, artinya ada masalah di komponen-komponennya tuh. Efeknya udah pasti bikin nggak nyaman ketika dikendarai. Gak nyamannya bisa dijabarkan seperti keadaan motor gak kuat dibuat lari kencang, ngeden begitu. Jadi ketika Anda menekan tuas gasnya tinggi, motor rasanya seperti ketahan tidak bisa kencang. 

Ini wajar. Sebab setiap motor pada dasarnya butuh perawatan, gak cuma enaknya saja dinaikin setiap hari. Inilah yang jarang diketahui orang! Bahwasannya setiap motor memiliki ukuran dan waktu sendiri-sendiri kapan batas umur setiap komponennya. Parahnya kalo Anda tidak peka, bisa jadi tau-tau motornya minta ganti part ini-itu dan minta turun mesin. Biayanya jangan ditanya ya hehe.. Lumayan buat DP motor.

Faktor kerusakannya bukan hanya dari usia spare-part sebenarnya, namun bisa juga karena faktor manusianya yang nggak sadar kalau kelakuannya bisa bikin komponen motor cepet sakit. Coba tebak, kebiasaan apa yang tanpa sadar Anda lakukan sampai bikin CVT motor cepet panas?

Kebiasaan Penyebab CVT Panas

CVT bisa dibilang sebagai nyawanya si motor matic. Apalagi bagian sabuk CVT atau van belt yang sangat vital fungsinya. Cara Anda mengendarai motor akan sangat berpengaruh pada usia komponen CVT terutama pada cvt belt.

Baja juga:   Cara Membersihkan Busi, Karburator, dan Fuel Pump Motor Mio. Lengkap!

Karena itu, yuk hindari kebiasaan yang bisa jadi penyebab CVT rusak!

Saat motor maju, bukan cuma tarik gas, tuas rem juga ikut ditarik

sumber: Gridoto

Banyak pengendara yang punya kebiasaan menaruh jarinya di tuas rem depan atau tuas rem belakang. Mungkin sebenarnya Anda cuma pengen jaga-jaga aja, tapi tanpa disadari tuas rem ikutan ketarik saat motor melaju normal. Apakah Anda juga suka melakukannya? Kalau iya, harus segera hilangkan kebiasaan ini nih, karena inilah salah satu penyebab komponen CVT rusak paling sering terjadi.

Saat motor berhenti, tuas rem masih ditarik

Sumber gambar: gridoto

Kebiasaan ini biasanya tanpa sadar dilakukan saat macet-macetan. Apalagi saat perjalanan nanjak. Yakin deh, pasti banyak yang menekan rem saat motor sudah berhenti. Padahal komponen-komponen seperti kampas kopling ganda dan sabuk CVT bisa cepat rusak karena terlalu sering meregang.

Sering buka-tutup tuas gas sembarangan

Sumber Gambar: Portalmadura

Motor matik sangat mengandalkan ritme kerja antar komponen di dalam CVT. Sebaiknya ketika Anda berkendara normal, gas motor matik pun dibuka secara konstan. Karena komponen-komponen seperti mangkok, kampas kopling ganda, roller, dan sabuk CVT bisa stres diperlakukan ndet-ndetan alias perubahan ritme kerja yang tidak stabil. 

Nah, udah tau kan kebiasaan ini bisa bikin Ruang CVT Cepat Panas dan Belt Cepat Getas? Sebaiknya ubah kebiasaan Anda yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, bersihkan CVT motor secara berkala! 

Cara Membersihkan CVT

penyebab cvt panas

Perawatan seperti apa yang diperlukan? Pada dasarnya CVT membutuhkan ruang yang memiliki sirkulasi lancar. Sama seperti manusia yang butuh sirkulasi udara, komponen dalam CVT pun demikian.

Di dalam CVT semua komponen saling bergesekan dan menimbulkan suhu yang meningkat. Peningkatan suhu ini harus dikeluarkan lewat lubang sirkulasi. Bila sirkulasi ini terhambat oleh kotoran dan debu, suhu panas di dalam ruang CVT akan terkekang dan merusak sabuk CVT yang terbuat dari karet. Bila terus-terusan terjadi, sabuk CVT akan lebih cepat getas dan membahayakan Anda. 

Baja juga:   Berapa Harga V Belt Motor Matic?

Karena itu lakukan servis CVT secara berkala di tempat yang Anda percaya. Yang saya tau, di Planet Ban menyediakan jasa servis yang bagus. CVT motor Anda akan dibuka, dibersihkan, dan disemprot dengan cairan khusus pada setiap komponennya supaya tidak ada debu dan kotoran lagi yang menempel. Pada bagian sabuk CVT pun diberikan belt conditioner agar terjaga kelenturannya. Harganya cuma 39 ribu, ini tentu sangat murah dibandingkan jika Anda harus merasakan sengsaranya saat sabuk CVT putus di jalan.

Bagi saya, perawatan ini penting sebab kalau sabuk CVT sampai putus, bakal repot dan sengsara! Roda nggak bisa berputar karena putaran belt dan pulley tidak bekerja semestinya. Dorong-dorong deh sampai bengkel!