Ganti Oli Motor

Ganti Oli Motor – Salah satu komponen yang sangat penting untuk motor Anda adalah oli. Komponen eksternal alias yang berasal dari luar kendaraan ini mempengaruhi kinerja mesin. Jika olinya bagus dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan, mesin motor pun tidak bermasalah. Oli bisa melumasi semua komponen mesin dengan baik dan kendaraan Anda dapat melaju dengan lancar.

Banyak merek tersaji di pasaran dan Anda tinggal pilih oli seperti apa yang Anda inginkan. Pilihan terbaik tentu saja oli yang asli, sesuai dengan spesifikasi motor, dan bermutu. Karena beragam merek oli, bisakah menggunakan merek oli yang berbeda untuk motor Anda? Setidaknya, beberapa hal berikut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Ganti Oli Motor

Tidak Disarankan, tapi Masih Bisa

Mencampur oli beda merek untuk kendaraan Anda bisa Anda lakukan, asalkan spesifikasinya sama. Misalnya, Society of Automotive Engineers (SAE) dan American Petrolium Institute (API)-nya tidak berbeda. Apalagi jika kedua oli yang ingin dicampur sudah berkode SNI. Kesamaan ini membuat kandungan kedua merek oli mirip. Dengan demikian, kinerjanya pun mirip.

Namun, mencampur dua merek oli yang berbeda tetap tidak disarankan. Meskipun spesifikasinya sama, masing-masing merek memiliki kandungan aditif yang berbeda. Ini berarti masing-masing merek oli bisa berbeda komposisinya. Unsur kimianya pun bisa berbeda. Jika dicampur dapat menimbulkan masalah pada motor Anda.

Bisa Merusak Mesin

Jika merek oli yang berbeda dipaksakan untuk dicampur dan digunakan pada sebuah kendaraan, mesinnya bisa rusak. Apalagi jika Anda mencampur oli sintetis dengan oli mineral. Kandungan di dalam kedua jenis oli tersebut sangat berbeda. Tidak akan bisa diterapkan pada kendaraan Anda. Jika Anda peduli terhadap motor kesayangan, cara terbaik adalah tidak mencampur merek oli yang berbeda.

Jika memaksakan diri mencampur oli, dengan pertimbangan yang penting motor bisa jalan, akibat buruknya mesin menjadi tidak awet. Kinerja kendaraan pun terganggu. Jangan asal ganti oli tanpa memperhatikan merek, bahkan mencampur dua merek yang berbeda misalnya, demi performa mesin yang optimal, dan demi motor Anda yang tidak mudah rewel.

Ganti Oli dan Tak Perlu Mencampurnya

Cara bijak memakai oli untuk motor tercinta adalah gunakan satu merek oli. Tidak usah mencampurnya, atau mengoplosnya, dan pastikan memakai merek oli motor yang bagus. Jika Anda merasa selama ini oli yang Anda gunakan tidak bermutu, ganti saja dengan merek lain. Pastikan oli yang sedang Anda gunakan terkuras bersih terlebih dahulu dari mesin. Ini karena setiap merek oli memiliki formulasi dan senyawa yang berbeda.

Setelah benar-benar terkuras dari kendaraan Anda, tuangkan oli yang baru ke tempatnya. Sekali lagi, tak perlu repot-repot mencampurnya dengan merek lain, meskipun itu bisa Anda lakukan. Namun ingat, hal tersebut tidak direkomendasikan. Cukup yakini bahwa oli yang Anda gunakan bermutu dan sesuai dengan spesifikasi motor maka kendaraan Anda akan baik-baik saja.

Anda bisa mengganti oli yang Anda gunakan saat ini dengan oli X-TEN. Merek oli motor terbaik ini dapat diandalkan untuk menjaga performa mesin. Olinya tahan lama, bisa sampai jarak tempuh 5.000 km, sementara oli motor biasa mempunyai masa pakai antara 2.000-2.500 km. X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan ini menyebabkan X-TEN olinya tahan lama. Walaupun masa pakai oli X-TEN lebih panjang dari oli biasa, penguapan X-TEN cukup rendah.

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda bisa membeli X-TEN di Planet Ban, untuk motor kesayangan, tanpa perlu repot mencampurnya dengan merek lain. Oli X-TEN sudah sangat berkualitas dan Anda akan mendapatkan banyak keunggulan yang bisa dinikmati bersama motor tercinta.