Home My Blog 4 Tips Merawat Performa Mesin Kendaraan

4 Tips Merawat Performa Mesin Kendaraan

performa mesin kendaraan

Performa Mesin Kendaraan – Memiliki kendaraan pribadi tentu akan membuat aktivitas kita lebih dimudahkan daripada harus menggunakan kendaraan umum, itu sebabnya orang kini banyak membeli motor atau mobil demi menunjang aktivitasnya. Namun perlu diingat bahwa kendaraan yang tidak mendapatkan perawatan baik, pasti akan mengalami kerusakan serta performa mesin kendaraan. 

Begitu juga sebaliknya, kendaraan yang mendapatkan perawatan secara berkala akan mampu mempertahankan performa mesinnya dalam kondisi prima.  Dan tentunya, kendaraan dengan kondisi mesin prima akan menghemat uang yang akan Anda keluarkan. Namun tak banyak orang yang peduli untuk merawat kendaraannya. Maka  berikut ini, penulis ingin memberikan beberapa  tips penting dalam upaya menjaga kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima. 

Performa Mesin Kendaraan

performa mesin kendaraanPertama, ganti ban secara berkala

Penting bagi Anda untuk mengupgrade ban kendaraan Anda secara berkala. Meskipun cara ini akan merogoh kocek Anda lumayan dalam, akan tetapi ban yang bagus akan membuat Anda nyaman. Selain itu ban yang bagus akan tahan terhadap jalanan yang licin dan keselamatan Anda pun lebih terjamin. 

 

Kedua, jaga tangki tetap penuh

Menjaga tangki tetap penuh akan menempatkan Anda di kondisi yang tidak salah. Dengan kondisi tangki yang terisi lebih dari setengah Anda dapat mengoptimalkan kendaraan. 

Dengan kondisi tangki terisi penuh kemungkinan Anda terjebak dalam kondisi darurat karena kekurangan bahan bakar akan dapat dihindari. Tapi ingat jangan sekadar tangki bensin yang penuh, Anda juga perlu memperhatikan kualitas bahan bakar yang akan Anda pakai. Makin tinggi oktannya, maka pembakarannya pun jadi semakin hemat dan yang terpenting, motor Anda mesinnya tahan lama. 

Ketiga, cek tekanan ban kendaraan

 

Sangat penting untuk melacak tekanan ban anda dengan baik. Berkendara dengan tekanan ban rendah bisa sangat berisiko tidak hanya untuk mobil atau motor Anda, tetapi juga keselamatan Anda. 

Tekanan rendah dapat menyebabkan keausan dini pada ban kendaraan Anda yang nantinya dapat menyebabkan kebocoran. Atau bisa saja ban motor atau mobil Anda pecah dalam perjalanan dan jika itu terjadi ketika Anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi, itu jelas sangat berbahaya. 

 

Keempat, Cek Kondisi Oli Kendaraan

Bagian ini pun tak bisa Anda abaikan. Melakukan pengecekan oli kendaraan secara rutin akan sangat berpengaruh terhadap kondisi prima kendaraan Anda. Tentunya dengan melakukan pergantian oli kendaraan secara ber

 

kala anda akan mendapatkan performa mesin kendaraan yang lebih baik. Tarikan mesin jadi enteng dan bahkan mesinnya tahan lama.

Namun Anda jangan asal mengganti oli, sebab mesin motor atau mobil Anda memerlukan oli yang berkualitas. Salah satunya dengan menggunakan oli kendaraan yang mengandung bahan ester sebagai bahan dasarnya. Oli X-TEN adalah salah satu oli berkualitas yang perlu Anda pertimbangkan untuk dipakai. Mengapa demikian? Karena kandungan ester dalam oli X-TEN membuat mesin motor atau mobil Anda melindungi mesin Anda dari gesekan yang berlebihan sehingga mesinnya tahan lama

Selain melindungi mesinnya tahan lama, oli X-TEN juga dapat meningkatkan performa mesin dan membuat tarikan mesin kendaraan Anda entengnya tahan lama. Apalagi masa pakai oli X-TEN juga terbukti lebih panjang dari oli-oli lainnya, kalau oli lain hanya bertahan sejauh 2000-2500 kilometer, oli X-TEN dapat digunakan hingga 5000 kilometer untuk motor dan 15000 kilometer untuk mobil.

Demikian sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin motor dan mobil Anda agar mesinnya tahan lama.