Home My Blog 5 Cara Berkendara Yang Baik di Jalan Raya

5 Cara Berkendara Yang Baik di Jalan Raya

Berkendara yang Baik di Jalan Raya

Berkendara Yang Baik di Jalan Raya – Prinsip berkendara yang aman dan nyaman itu simpel! Aman dan nyaman untuk diri sendiri serta aman dan nyaman untuk pengendara lain. Anda dituntut untuk bisa membuat diri sendiri berkendara selamat sampai tujuan, demikian pula untuk tidak membuat orang lain celaka. Di situlah pentingnya tata krama berkendara di jalan raya.

Tidak sulit untuk bisa berkendara dengan baik menggunakan motor kesayangan, baik motor matik maupun manual, juga motor bebek maupun motor sport. Hanya menjalankan tata krama dengan baik, Anda sudah bisa naik motor tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda coba.

Berkendara Yang Baik di Jalan Raya

Berkendara yang Baik di Jalan Raya

Jangan Merokok di Jalan

Jika Anda bukan perokok, poin ini tidaklah merepotkan. Anda tentu sudah biasa tidak merokok saat berkendara, juga tidak merokok dalam kehidupan sehari-hari. Namun, untuk para perokok aktif, alangkah baiknya untuk tidak merokok di jalan ketika Anda berkendara dengan motor kesayangan. 

Selain bisa menimbulkan celaka karena risiko kehilangan keseimbangan, percikan api atau abu dari rokok Anda bisa terbang tertiup angin dan mengenai pengendara lain, terutama pengendara di belakang motor Anda. Ini bisa menimbulkan gangguan pada orang lain, bahkan bisa membuat pengendara lain kehilangan konsentrasi karena harus menghalau abu atau percikan dari rokok Anda.

Kendalikan Emosi, Jangan Marah-marah terhadap Pengendara Lain

Adakalanya berkendara di jalan raya tidaklah selancar yang dibayangkan. Ada saja kendala, misalnya motor berserempetan dengan motor pengendara lain. Jika emosi tidak dikendalikan, marah kepada pengendara lain bisa terjadi. Bahkan, marah-marah yang berlebihan yang bisa memicu pertengkaran. 

Jika ini terjadi, sebaiknya Anda bijak mengendalikan diri, menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Tetap pegang teguh tata krama untuk mengatasi masalah di jalan raya, semoga hasilnya pun menjadi lebih baik.

Nyalakan Lampu Sein Saat Belok Kanan atau Kiri

Berkendara di jalanan tentu saja tidak hanya lurus terus-menerus. Ada saatnya harus berbelok kanan, belok kiri. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein motor Anda saat Anda hendak berbelok, agar pengendara lain tahu arah yang Anda tuju. Ini merupakan bentuk tata krama yang sangat bermanfaat, terutama memberi rasa aman diri sendiri dan pengendara lain. 

Ingat juga untuk tidak mendadak menggunakan lampu sein saat Anda tiba-tiba berbelok. Risiko tabrakan bisa terjadi. Anda melukai diri sendiri dan orang lain karena Anda mengabaikan satu bentuk tata krama di jalan, tidak menyalakan lampu sein tepat pada waktunya.

Suara Motor Tak Perlu Menggelegar dan Memekakkan Telinga

Kenyamanan berkendara bisa dirasakan melalui suara motor Anda. Jika suaranya halus atau sesuai dengan standar pabrikan, Anda bisa nyaman naik motor, demikian pun pengendara lain tidak terganggu. Sebaliknya, jika Anda menyetel kendaraan agar mengeluarkan suara yang keras, sangar, menggelegar, lebih dari normal, pengendara lain akan merasa terganggu. 

Mereka tidak merasakan kenyamanan berkendara seperti Anda yang nyaman menikmati suara tak lazim dari motor Anda. Untuk bisa bertata krama di jalan raya, sebaiknya atur suara motor yang wajar-wajar saja, agar semua pengendara, termasuk Anda, nyaman melajukan motor kesayangan.

Rawat Motor agar Tidak Keluar Asap Mengganggu dari Knalpot

Tata krama berkendara di jalan bisa dilakukan dengan baik jika kondisi motor tidak bermasalah. Misalnya, Anda rajin merawat mesin sehingga kinerja komponen ini bisa baik. Jika mesin rusak atau tidak dalam performa terbaiknya, bisa mengakibatkan komponen lain kendaraan Anda bermasalah, termasuk dapat mengeluarkan asap mengganggu dari knalpot.

Asap putih atau hitam yang keluar dari knalpot dapat mengganggu pengendara lain. Ini tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan bahkan kemarahan yang tidak perlu. Rawat saja motor kesayangan Anda, periksa setiap komponennya, agar kendaraan bisa melaju dengan baik di jalan raya. Cara ini menjadi bagian dari tata krama berkendara karena kepedulian Anda merawat motor secara tidak langsung berakibat baik pada kepedulian Anda terhadap kenyamanan orang lain di jalan.

Agar lebih mudah merawat motor, agar performa mesin bagus sehingga knalpot tidak mengeluarkan asap mengganggu, gunakan juga oli bermutu. Pilih saja oli X-TEN, tak perlu ragu, karena produk ini bisa bikin mesin tahan lama. Oli ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN.

Lapisan ester pada oli X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, hemat BBM dan yang lebih penting mesinnya tahan lama. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan Oli X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya.