tarikan motor berat

Tarikan Motor Berat – Siapa yang tidak mau punya motor yang entengnya tahan lama? Sebab dengan tarikan gas yang enteng, membuat motor terasa seperti baru. Kita sebagai pengendara pun tak perlu keluar banyak tenaga, sehingga stamina tubuh juga terjaga. 

Namun ada kalanya tarikan gas motor terasa berat. Kita harus menarik tuas gas cukup dalam, bikin kita cepat lelah. Sebenarnya apa sih, penyebab gas motor jadi berat? Ada sejumlah faktor yang sebenarnya bisa dihindari agar motor tarikannya tidak berat, yaitu:

Tarikan Motor Berat

Jarang ganti oli

Kapan terakhir melakukan ganti oli mesin pada motor Anda? Kalau sudah tidak ingat sama sekali, bisa jadi sudah lama. padahal mengganti oli menjadi perawatan rutin yang wajib hukumnya dilakukan pemilik motor. Akibat malas ganti oli, pelumasan pada mesin tidak berjalan baik. Tak heran kalau tarikan gas jadi berat, mesin bekerja lebih keras. Apalagi kalau Anda asal ganti oli dengan oli yang tidak berkualitas, tentu masa pakainya pun pendek dan membuat mesin Anda tarikannya jadi berat.

Ayo segera lakukan ganti oli dengan jenis oli berkualitas namun harganya tetap ramah di kantong, seperti oli X-TEN. Walau pun harganya ramah di kantong, oli X-Ten tetap mampu bikin tarikan motor Anda entengnya tahan lama. Sebab dengan kandungan ester di dalam olinya, oli X-TEN bisa melindungi mesin Anda dari gesekan berlebihan.

Karburator bermasalah

Cek komponen karburator, apakah sudah kotor? Atau ada debu atau benda yang menyumbat. Atau justru kemasukan terlalu banyak air pada saat mencuci motor? Fungsi karburator adalah mencampurkan bahan bakar dan udara, jika komponen ini mengalami gangguan maka berdampak pada kinerja mesin. Servislah karburator secara berkala, sehingga bagian ini dapat selalu terjaga kebersihan dan “kesehatannya”.

Kerusakan busi

Periksa juga bagian busi motor, apakah kondisinya masih cukup layak? Sebab jika sudah rusak dapat membuat sistem pengapian tidak maksimal. Hal ini berimbas pula pada performa motor kita. Gantilah busi yang sudah terlalu lama dipakai, agar motor entengnya tahan lama.

Masalah pada rantai

Tarikan gas terasa berat apabila pada rantai motor atau V-belt ada masalah. Rantai ini semestinya berfungsi meneruskan tenaga mesin motor dari roda belakang. Coba periksa apakah kondisinya masih cukup bagus, atau apakah fungsinya masih optimal?

Gangguan pada CDI

Komponen Capacitor Discharge Ignition (CDI) menjadi penting dalam sistem pengapian. Percikan pao dari busi akan terintegrasi melalui CDI, sehingga sistem pengapian berlangsung. Dapat dibayangkan kalau CDI tak bisa bekerja, maka nyala mesin pun terganggu, sehingga motor menjadi rewel.

Demikian tadi beberapa poin yang dapat mengakibatkan tarikan pada motor menjadi berat. Intinya, rajin-rajinlah merawat dan memeriksa kondisi setiap komponen motor agar stamina motor terjaga. 

Jangan lupa, setiap mengganti oli pilih oli yang mengandung ester, seperti oli X-TEN. Sebab kandungan ester berkualitas pada oli X-TEN akan membuat tarikan motor Anda entengnya tahan lama dan juga usia mesinnya tahan lama juga.