Home My Blog 6 Tips Berkendara Motor Yang Aman di Jalan

6 Tips Berkendara Motor Yang Aman di Jalan

Berkendara motor yang aman

Berkendara Motor Yang Aman – Ada jalan yang landai, datar saja, dan mudah dilalui menggunakan motor matik kesayangan, ada pula jalan tanjakan maupun turunan. Tentu saja menjadi berbeda cara Anda berkendara ketika melewati jalan menanjak atau menurun. Jika tidak memahami cara naik motor matik di jalan yang menurun, misalnya, risiko kecelakaan atau terjatuh dari kendaraan bisa saja terjadi.

Jangan keder ataupun bingung saat hendak melewati jalan yang menurun, bahkan menurun dengan sangat tajam. Anda masih bisa berkendara dengan aman dan nyaman di jalan turunan tersebut. Berikut ini beberapa cara naik motor matik dengan aman dan nyaman di jalan yang menurun. 

Berkendara Motor Yang Aman

Berkendara motor yang aman

Utamakan Rem Depan

Dibandingkan dengan rem belakang, rem depan lebih diutamakan. Ketika Anda melewati jalan yang menurun, tekan handle rem depan lebih keras dibandingkan rem belakang. Ini karena rem depan bisa menahan daya dorong motor ke depan yang dayanya lebih besar ketika melewati jalan turunan. Nah, fungsi rem belakang hanya sebagai penyeimbang. Usahakan Anda melakukan hal ini agar berkendara aman dan nyaman di jalan yang menurun, termasuk menurun dengan sangat tajam.

 

Jangan Kosongkan Gas

Motor matik Anda dilengkapi sistem persneling otomatis. Sebaiknya jangan langsung mengosongkan gas ketika Anda melalui jalan yang menurun, agar motor matik Anda tidak hilang kendali atau keseimbangan. Ketika Anda melewati jalan turunan, bahkan turunannya sangat tajam, kurangi saja laju gas, tapi tidak sampai kosong. Atur saja gas sampai kecepatan 5-10 km/jam.

 

Untuk Keseimbangan, Gunakan Kaki Kanan

Jika jalan yang menurun tersebut padat kendaraan, dan Anda terpaksa sering berhenti, gunakan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor matik Anda. Hal ini bisa Anda lakukan pula ketika melewati jalan turunan yang sangat tajam, yang juga memaksa Anda untuk sesekali menghentikan kendaraan. Tambahkan fokus, konsentrasi terbaik, agar Anda tidak kehilangan keseimbangan yang berisiko terjatuh atau mengalami kecelakaan yang tidak diinginkan.

Pastikan Empat Jari di Masing-masing Handle Rem

Hal yang juga perlu Anda perhatikan saat melewati jalan turunan adalah posisi empat jari di masing-masing handle rem. Ketika Anda mengerem di jalanan yang menurun, keempat jari Anda, yakni kelingking, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk, sebaiknya siaga di handle rem. Sementara itu, jempol siap di grip gas untuk mengatur gas motor matik Anda. Cengkramlah handle rem tidak terlalu dalam, secukupnya saja, agar motor Anda tidak kehilangan kestabilan.

 

Jangan Buru-buru Lepas Handle Rem Sebelum Lewat Jalan Turunan

Perlu diingat juga untuk tidak terburu-buru melepas handle rem sebelum Anda selesai melewati jalan turunan. Jika Anda tidak sabar kemudian melepas handle rem saat melewati jalan turunan, risiko jatuh bisa Anda alami. Ini karena melepas rem di saat Anda belum selesai melalui jalan yang menurun dapat menyebabkan laju motor matik Anda tidak terkendali. Anda bisa jatuh atau menabrak kendaraan lain di depan Anda. 

 

Pastikan Motor Matik Sehat

Merespons jalan yang tidak mudah dilalui dan membutuhkan konsentrasi ekstra, Anda perlu memastikan kendaraan Anda sehat, tidak rewel, dan berisiko membuat Anda terjatuh atau kecelakaan. Setidaknya, periksa komponen-komponen pentingnya, seperti ban, rem, v-belt, dan tentu saja mesin serta oli. Dengan demikian, Anda tidak akan menemui kendala yang merugikan ketika berkendara, akibat tidak siapnya motor kesayangan melewati segala jenis jalan yang hendak Anda lalui.

 

Selain gas rem, pastikan mesin motor matik Anda dalam kondisi prima. Untuk mendukung kinerja mesin yang oke tersebut, jangan lupa memakai oli yang bagus. Sesuaikan dengan spesifikasi kendaraan Anda sehingga oli dapat berfungsi dengan baik. Untuk menemani Anda di perjalanan, termasuk di saat melewati jalan turunan, gunakanlah oli X-TEN. Oli motor terbaik ini bikin mesinnya tahan lama.

Bersama X-TEN, Anda akan bisa berkendara dengan aman dan nyaman karena kinerja mesin Anda terjaga dengan baik. Anda bisa menggunakan motor matik Anda melewati jalan yang menurun, termasuk menurun dengan tajam, tanpa khawatir terjadi gangguan mesin. Kendaraan Anda juga bisa awet karena mesinnya bisa tahan lama, panjang umur, dan tentu saja, tidak mudah ngambek.

Lapisan ester oli X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan.Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya.

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda bisa membeli X-TEN di Planet Ban.