Oli mesin motor matic

Oli Mesin Motor Matic – Setidaknya ada dua jenis motor yang saat ini mengaspal di jalanan, yakni motor matik dan motor manual. Seperti Anda ketahui, motor matik jauh lebih populer dan banyak dikendarai karena beragam alasan. Misalnya, praktis, aman, dan nyaman dikendarai, tidak perlu repot ganti gigi, cukup gas rem gas rem. 

Sementara itu, motor manual memang lebih repot untuk main persneling, tapi tetap ada peminatnya. Plus minus kedua jenis motor ini pun mudah Anda ketahui lewat beragam sumber, termasuk cara perawatannya yang berbeda.

Salah satu perawatan yang membedakan kedua jenis motor ini adalah pada pemakaian oli. Konsumsi oli pada motor matik berbeda dengan motor manual. Anda perlu memahami hal ini agar tidak sembarang menggunakan oli dan tidak tepat sasaran. Jika oli tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda maka tunggangan andalan Anda tidak bisa melaju optimal.

Oli Mesin Motor Matic

Perawatan pada Mesin Motor

Motor matik maupun manual perlu dirawat dengan baik, terutama pada mesinnya. Di sinilah perlu memberikan oli mesin yang tepat untuk motor matik atau motor manual. Hal yang perlu Anda pahami, kedua jenis motor ini punya sistem yang berbeda. Motor manual memakai kopling basah, yang berarti koplingnya terendam oli. Sementara itu, motor matik menggunakan kopling kering.

Risikonya, jika motor manual memakai oli khusus motor matik, bisa terjadi selip kopling. Ini karena oli mesin motor matik khusus ditujukan pada kinerja mesin. Formula pada oli motor matik untuk mengurangi gesekan mesin sekecil mungkin. Inilah yang membuat motor matik Anda bisa bekerja lebih ringan dan irit bensin.

Sebaliknya, oli untuk motor manual dapat dipakai untuk motor matik. Ini karena motor matik menggunakan kopling kering, yang berada pada CVT. Tugas oli pada motor matik hanya untuk memberikan perlindungan internal terhadap mesin. Dengan demikian, tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan oli motor manual untuk motor matik. Namun, tidak disarankan oli motor manual dipakai untuk motor matik, demikian pula sebaliknya. Gunakan oli motor matik untuk motor matik dan oli motor manual untuk motor manual agar tidak terjadi masalah pada mesin kendaraan Anda.

Beda Oli Motor Matik dan Oli Motor Manual

Untuk mencegah risiko salah pilih oli, Anda perlu mengetahui beda oli motor matik dan oli motor manual. Cara membedakannya tidaklah sulit. Anda bisa membedakan kemasan kedua oli tersebut. Pada botol atau kemasannya, lihatlah kode JASO (Japanese Automotive Standard Organization). Oli motor matik menggunakan kode JASO MB. Ini berarti pada oli tersebut terdapat kandungan molibdenum yang berguna untuk menambah tingkat pelumasan pada mesin.

Sementara itu, oli motor manual menggunakan kode JASO MA. Ini menandakan pada oli tersebut terdapat kandungan zat aditif berupa senyawa yang berguna untuk menjadikan kopling presisi. Nah, jika Anda menggunakan oli motor matik, pergesekan gigi transmisi akan menjadi kasar. Untuk itu, gunakan oli sesuai dengan peruntukannya, tidak menyimpang dari spesifikasi motor Anda.

Perhatikan pula kekentalan oli pada masing-masing jenis motor ini. Oli motor manual biasanya lebih kental dibandingkan dengan oli mesin motor matik. Ini karena fungsi oli motor manual untuk membuat kopling lebih presisi. Sebaliknya, oli motor matik biasanya lebih encer karena hanya digunakan untuk melindungi mesin.

Setelah memahami risiko jika menggunakan oli tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan, segera pilih oli yang tepat. Pilih dan gunakan oli motor terbaik dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda, apakah motor matik atau manual. 

Anda bisa menggunakan oli X-TEN untuk menjaga performa mesin kendaraan kesayangan. X-TEN olinya tahan lama, hingga 5.000 km, sementara oli motor biasa mempunyai masa pakai antara 2.000-2.500 km. Oli ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN.

X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan ini menyebabkan X-TEN olinya tahan lama. Walaupun masa pakai X-TEN lebih panjang dari oli biasa, penguapan X-TEN cukup rendah. Anda bisa membeli X-TEN di Planet Ban.