Ini Akibat Bensin Motor Disetel Terlalu Irit

Pernah tiba-tiba mogok saat sedang berkendara? Mogok di jalan bisa saja terjadi meski motor terlihat dalam keadaan baik. Mungkin Anda pun tidak akan menduga bila bensin selalu ada, oli mesin rutin diganti, tidak melakukan hal yang macem-macem pada motor namun tetap mati mendadak. Lalu kenapa bisa terjadi mati mendadak?

Penyebab motor tiba-tiba mati mendadak bisa terjadi karena mesin motor kehilangan kompresi atau proses pembakaran mesin terhenti. Karena itulah mesin yang mati jadi susah dihidupkan kembali. Namun jika ditelusuri lebih dalam, mati mesin ini bisa diduga berasal dari settingan motor yang memaksa bensin dipaksa terlalu hemat. 

Bensin Motor Terlalu Irit

Langsam pada sepeda motor selalu memiliki pengaturan yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Sehingga mesin dapat bekerja dengan maksimal dan tidak ada hambatan saat digunakan. Namun tetap saja, banyak pemilik kendaraan yang tidak puas dan ingin mengatur sendiri kondisi langsam pada sepeda motornya. Tujuannya antara lain untuk membuat motor lebih irit BBM.

Sebetulnya pengaturan langsam pada motor tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab setiap motor telah didesain sedemikian rupa telah dilakukan banyak uji coba dan pertimbangan dalam pengaturan langsam. Jika disetel terlalu rendah, nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan motor. Oli mesin cepat berkurang dan kepala silinder tidak terlumasi dengan sempurna. Akhirnya motor akan mudah mati. 

Pengaturan bahan bakar motor yang terlalu irit juga bisa menyebabkan mesin cepat panas. Karena itu jangan sembarangan mengotak-atik stasioner pada motor karbu Anda. 

Efek bensin motor terlalu irit

Memang sih setelah mengubah setelan langsam pada sepeda motor membuat penggunaan bahan bakar jadi irit. Namun, Anda juga mesti paham bahwa penyetelan ini sebenarnya hanya cocok ketika mesin dalam kondisi yang sudah dingin. Ketika mesin sudah dalam kondisi panas, setelan langsam juga akan semakin tinggi alias semakin meningkat. Alhasil pendingin motor pun jadi susah dirawat dan rawan rusak.

Baja juga:   Harga Ban di Planet Ban Lebih Mahal dari Harga Eceran 2019

Secara spesifik, berikut akibat-akibat yang bisa ditimbulkan bila membuat setingan bensin terlalu irit.

  • Mesin cepat panas/overheating
  • Power motor hilang
  • Kecepatan motor tertahan di RPM atas
  • Kecepatan otomatis akan berkurang
  • Tarikan berat

Cara mengatur penggunaan bensin supaya irit

Karena kami tau sepeda motor yang irit jadi kebanggaan bagi para pengendara roda dua, maka akan lebih afdol bila ada cara mudah untuk membuat motor jadi irit bensin.

Berkendaralah sewajarnya. Saat berkendara, jangan asal geber gas. Terlebih untuk pengguna motor matic yang suka tarik tuas gas sesuka hati. Sebaiknya bisa mengontrol diri sebab menggeber gas secara mendadak bisa menyebabkan konsumsi BBM jadi lebih boros. 

Pakai BBM dengan oktan yang sesuai. Tentu saja dengan memilih oktan yang sesuai, bahan bakar bisa lebih hemat dan dapat membuat mesin jadi awet. Sebab pembakaran bahan bakar akan lebih sempurna dan kerak dalam mesin pun jadi bisa lebih diminimalisir.

Servis rutin. Untuk menunjang hemat bensin, mesin harus sering dirawat dengan melakukan servis rutin. Mesin motor yang terawat memiliki sistem pembakaran yang optimal pada bahan bakar. Servis rutin di Planet Ban cepat dengan cairan Clean Up dan Tune Up.