Home My Blog Oli Yang Bagus Untuk Mesin beserta Kodenya

Oli Yang Bagus Untuk Mesin beserta Kodenya

Oli yang bagus untuk mesin

Oli Yang Bagus Untuk Mesin – Pada kemasan oli tertera sejumlah kode yang agaknya bisa membingungkan orang awam. Sebut saja kode seperti JASO, API, SAE di kemasan botol oli. Kode-kode itu pun tertera pada online marketplace sebagai keterangan produk. Kadang kita percaya saja pada rekomendasi penjual. Ada bagusnya kalau kita mengerti apa arti dari kode-kode itu.

Oli Yang Bagus Untuk Mesin

Oli yang bagus untuk mesin

SAE (Society of Automotive Engineer)

Kode ini menentukan kekentalan oli. SAE menetapkan standar ini sebagaimana mereka mengatur standarisasi di berbagai bidangseperti bidang rancang desain teknik dan manufaktur. Jika ada tulisan seperti  20W-40, 20W-50, maka W berarti adalah Winter alias musim dingin, sebagai simbol bahwa oli itu dapat bertahan di cuaca dingin. Angka di depan huruf W adalah tingkat kekentalannya. Contoh: 20W-50 berarti 20 adalah tingkat kekentalan oli pada musim dingin, sedangkan 50 adalah kekentalan oli sewaktu mesin dalam kondisi bekerja atau sudah panas. Semakin besar angkanya, makin tinggi tingkat kekentalannya.

Contoh lain, produk oli X-TEN 10W40 SPORT, bisa dipahami bahwa oli ini memiliki tingkat kekentalan 10 dan akan meningkat menjadi 40 jika mesin sudah bekerja.

JASO (Japanese Automotive Standard Association)

JASO adalah lembaga Jepang yang mengecek standar kualitas oli. Hanya oli yang diperuntukkan bagi motor yang memakai kode JASO ini. Biasanya akan diikuti oleh huruf MA atau MB. Kode JASO MA dipakai untuk sepeda motor dengan kopling basah, yaitu motor dengan konstruksi rumah kopling terendam oli. Sedangkan JASO MB berlaku bagi sepeda motor kopling kering, seperti skuter matik yang koplingnya tidak terendam oli. Lalu ada lagi JASO MA1, JASO MA2, yang sebenarnya hanya menunjukkan zat aditif dari oli itu saja.

Oli X-TEN sudah memiliki sertifikasi JASO, baik JASO MA maupun JASO MB. Ini berarti oli X-TEN sudah diakui secara internasional, dan kode-kode ini bisa sebagai jaminan kualitas oli ini sudah sesuai standar. Dan pastinya dengan menggunakan oli X-TEN, maka mesinnya tahan lama dan bisa bikin irit bahan bakar juga.

API (American Petroleum Institute)

Huruf API ini tertera pada kemasan oli mobil. Kode ini menentukan kualitas oli. Biasanya diikuti dengan dua huruf lain, seperti SN dan CH. Huruf pertama mengartikan jenis kendaraan. S berarti bensin, C berarti diesel. Huruf kedua adalah urutan kualitas oli berdasar keterbaruannya. Misalnya G urutan di alfabet lebih dulu dari N, berarti oli dengan kode API SN lebih baru dibanding API SG. Sebagai contoh, oli X-TEN GASOLIN ULTRA 0W20 API SN adalah oli mobil dengan kualitas yang terbaik di kelasnya. Kurang lebih begitu penjelasannya.

SNI (Standardisasi Nasional Indonesia)

Standar ini ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional. Pemerintah Indonesia punya SNI Pelumas yang wajib diikuti oleh semua produk pelumas yang beredar. Tentu saja semua varian oli X-TEN sudah memenuhi syarat tersebut, yang berarti oli X-TEN punya kualitas yang bagus, aman, tidak berbahaya bagi lingkungan maupun makhluk hidup alias ramah lingkungan.

Sudah jelas bukan makna dari kode-kode yang tertera pada kemasan oli motor dan mobil Anda. Dengan memahaminya, diharapkan Anda  tidak salah pilih, sehingga motor dan mobil Anda mesinnya tahan lama.