Sebelum V Belt Putus di Jalan, Mending Peka sama 3 Gejala di Motor Ini!

ASLI! Jengkel banget kalo lagi naik motor pulang atau berangkat kerja tau-tau mogok roda gak mau berputar! Akhirnya dorong deh sampe bengkel… Cuapek juga lur. Pernah ngalamin?

Padahal, sebenernya gak susah loh buat tau tanda-tanda sebelum v belt ini mendadak putus di jalan. Yang penting PEKA! Selain sama pacar, motor dan CVT belt juga perlu kalian perhatikan. Ini tanda-tandanya!

Gejala Van Belt Motor Getas

Pertama, gak sulit. Cukup dengarkan bunyi berdecit pada saat di gas awal. Bunyi ini letaknya ada di dalam boks CVT. Kalau berdecit berarti ada tanda-tanda part CVT yang aus.

Kedua, tarikan sudah mulai berat. Tarikan motor rasanya seperti nggak mulus dan tersendat. Hal ini terjadi karena kondisi v-belt sudah aus sehingga akselerasi pun berpengaruh pada tarikan gas. Perputaran roda pun tidak sesuai dengan tenaga yang dihasilkan. 

Ketiga, bukan dari motornya tapi dari pengalaman perjalanan sejauh apa Anda mengendarai motor. Jadi begini maksudnya. Meski Anda tidak merasakan gejala apapun pada motor, namun banyaknya kilometer menunjukkan usia motor Anda perlu dirawat.

Kalo Anda butuh sebulan lamanya kerja baru dapat gaji, maka motor butuh kilometer sebanyak kurang lebih 5000 km untuk diremajakan. Atau jika tidak berdasar pada kilometer, Anda bisa mengukurnya berdasarkan bulan, bisa setiap 2-3 bulan.

Jika Anda sudah paham dengan tanda-tanda ini, maka yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah mencari tempat terbaik untuk servis motor. Sekarang pertanyaannya dimana tempat terbaik itu?

Tempat Service VanBelt

Jika motor yang Anda gunakan di bawah satu tahun, biasanya ada buku khusus untuk mewajibkan Anda servis ke bengkel resmi. Sayang-sayang melewatkan gratisannya kan, yaaaa.. Silahkan ke sana. Mumpung gratis.. Hehe!

Baja juga:   Ganti Oli X Ten Tarikan Motor jadi Berat?

Namun ada kalanya keluhan datang setelah buku ini habis. Pasalnya tau-tau bayarnya mahal. 

Maka dari itu alternatif yang bisa Anda coba adalah servis rutin di tempat lain. Planet Ban menawarkan paket Servis Rutin yang murah dan lengkap. Servis tersebut meliputi pembersihan CVT, pembersihan throttle body, serta pengecekan dan penyetelan umum seperti ban, rem, radiator, aki, filter udara, busi, ECU, & rantai/belt. Semuanya hanya seharga Rp39.000 saja.

servis cvt di planet ban

Di Planet Ban Anda dapat meminta mekanik untuk memeriksa kondisi belt. Dan di situlah Anda dapat menyimpulkan apakah CVT belt Anda masih dalam keadaan bagus, sudah getas, atau justru pertanda mau putus. 

Kalau sudah getas akan terlihat retak pada saat v belt ditekuk ke luar. Gerigi beltnya juga akan terlihat lebih ramping dan tajam jika dibandingkan dengan v belt yang masih bagus. 

Jika sudah ada tanda-tanda ini, maka sebaiknya Anda meminta untuk diberikan belt conditioner agar kondisi CVT tetap lentur. Namun bila kondisi getas sudah parah dan berpotensi putus maka sebaiknya diganti saja. Sebab kalo sampai putus di jalan tiba-tiba, ya akan mengalami kejadian seperti saya di atas. 

Penyebab Van Belt Getas

v belt motor matic getas

Getas ini tidak lain diakibatkan karena gesekan belt dengan pulley depan dan pulley belakang. Getas juga akan diperparah dengan suhu panas yang tidak tersirkulasi dengan baik di dalam ruang CVT.

Pada intinya v belt cepat getas karena kurang diperhatikan saja. Bayangkan saja bahan karet yang dipanaskan terus menerus dalam boks pasti akan rusak dan melemah kekuatannya. 

Mau tidak mau kalau sudah usang, aus, atau getas, dan mau putus, saya sarankan diganti. Sebab sangat bahaya jika mempertahankan hubungan yang rusak. Hehe!

Baja juga:   Tanpa Engine Flush, Ini Cara Menghilangkan Kerak Mesin Motor Tanpa Bongkar

Intinya, supaya part-part CVT Anda terawat dan awet, maka selalu pastikan untuk diservis secara berkala atau servis rutin. Baiknya setiap 5000 km atau setiap 2-3 bulan sekali (tergantung mana yang lebih dulu) seperti yang dianjurkan Planet Ban.