Home My Blog Segera Servis Motor Matic Injeksi Anda Sebelum Terlambat

Segera Servis Motor Matic Injeksi Anda Sebelum Terlambat

Ciri-ciri Harus Segera Servis Motor Matic Injeksi

Tidak hanya manusia yang membutuhkan perawatan. Motor pun butuh Servis Motor Matic Injeksi. Jika Anda memiliki motor kesayangan, baik itu motor matik maupun manual, jangan abaikan perawatannya agar kendaraan Anda awet dan tidak bermasalah saat digunakan. Namun, adakalanya karena alasan tertentu, semisal kesibukan, Anda lupa melakukan servis rutin.

Kurangnya perhatian Anda pada suatu waktu, motor kesayangan pun memberikan tanda-tanda minta dirawat atau diservis. Anda perlu mengenali tanda-tanda tersebut, antara lain seperti di bawah ini.

Ciri-ciri Harus Segera Servis Motor Matic Injeksi

Suara Motor Mulai Kasar

Pada saat membeli, motor yang baru suaranya halus. Berkendara pun terasa nyaman dan menyenangkan karena motor Anda, baik matik maupun manual, tidak mengeluarkan suara gaduh. Adem, seakan tak terdengar ada suara mesin.

Jika kemudian Anda mendengar suara motor tidak seperti biasanya, bahkan cenderung kasar, segera lakukan perawatan rutin ke bengkel. Jangan biarkan suara motor kesayangan mengganggu Anda dalam berkendara, juga mengganggu pengendara lain.

Mesin Sering Mati Mendadak

Tanda lain yang perlu Anda perhatikan adalah mesin motor tiba-tiba mati. Jika hal itu sering terjadi, segera bawa motor ke bengkel. Motor matik maupun manual bisa mengalami mesin mati mendadak. Misalnya, ketika Anda hendak mengegas, eh, mesinnya malah tidak mau nyala. Ini tanda-tanda ada yang tidak beres pada mesin.

Untuk memastikan kondisi mesin yang membuat motor Anda mati tiba-tiba, secepatnya bawa ke bengkel. Teknisi akan memeriksa penyebab mesin bermasalah yang berimbas pada kendaraan Anda yang sering mati tiba-tiba. 

 Sudah Lewat Batas Terakhir untuk Servis

Hal yang sebenarnya mudah untuk mengetahui tanda-tanda motor sudah harus diservis adalah dengan melihat kilometernya. Lihatlah odometer motor kesayangan Anda, apakah kilometernya sudah melebihi dari batas servis sebelumnya? Mungkin Anda terlewat atau mengabaikan hal ini sehingga motor terbaik Anda perlahan-lahan bermasalah.

Segera bawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan rutin supaya performa motor Anda tidak terganggu. Disiplin dalam melakukan servis akan membuat kendaraan Anda terjaga kondisinya dan aman digeber di jalanan. Aktivitas Anda pun tetap terawat dengan baik, tidak terganggu motor yang tiba-tiba bermasalah, akibat Anda lupa servis rutin, misalnya, karena alasan kesibukan.

Tarikan Motor Sudah Nggak Enak Lagi

Tanda lain dari motor yang sebaiknya segera diservis adalah pada tarikannya. Anda pasti bisa merasakan beda tarikan antara motor yang bagus dan yang sedang bermasalah. Jika Anda ngegas motor dan terasa berat dibanding sebelumnya, itu pasti ada masalah pada kendaraan Anda. Tarikan motor yang terasa berat memberi tanda kepada Anda untuk menuju bengkel terbaik yang menjadi kepercayaan Anda.

Teknisi akan mengecek tarikan motor Anda yang sudah nggak enak lagi untuk diajak melaju dengan kencang maupun saat lambat. Penyebabnya bisa karena karburator bermasalah atau kabel gasnya sudah kotor. Bisa juga karena mesin yang mengalami gangguan.

Anda juga bisa mendapatkan kembali tarikan motor yang enteng dengan mengganti oli. Itu karena kinerja mesin yang oke juga dipengaruhi oleh oli motor yang bagus. Supaya tidak salah pilih, saat servis motor matic injeksi gunakan saja oli X-TEN yang bisa bikin motor Anda entengnya tahan lama. Oli ini sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN.

X-TEN masa pakainya dua kali lebih lama dari oli biasa, yakni hampir 5.000 km. Tarikan motor Anda akan tetap enteng dan awet sehingga tidak perlu sering ganti oli dibandingkan dengan jika Anda menggunakan oli biasa.

Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang enteng, berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Oli X-TEN yang memiliki lapisan ester yang dapat memproteksi mesin motor Anda ini dapat Anda beli di Planet Ban.