Home My Blog Syarat Pilih Oli yang Bagus untuk Mesin Motor

Syarat Pilih Oli yang Bagus untuk Mesin Motor

oli yang bagus untuk mesin

Oli yang Bagus Untuk Mesin – Pilah pilih oli motor dan mobil tidak bisa sembarangan pilih. Semua harus sesuai standar baku mutu, minimal sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Mudahnya pilih saja, oli yang pada kemasannya sudah tertera logo SNI beserta nomor serinya. 

Oli yang Bagus untuk Mesin

Ingat tidak semua produk oli sudah bersertifikat SNI, lho. Walau sudah diwajibkan pemerintah sejak 10 September 2019, tetap ada saja produsen atau importir yang bandel tak menggunakan sertifikat SNI ini. Padahal menurut Peraturan Menteri Perindustrian No. 25 Tahun 2018, semua oli yang tidak memiliki sertifikat SNI wajib ditarik dari peredaran di Indonesia dan dimusnahkan. Pilihan lain, diekspor kembali negara asalnya.

Sebenarnya, apa alasan kita harus memakai oli yang sudah ber-SNI? Berikut jawabannya:

Melindungi konsumen

Maraknya peredaran oli palsu kerap bikin konsumen tertipu dan dirugikan. Alih-alih mendapat oli murah, malah oli mesin motornya bocor. Baca selengkapnya jika mengalami oli mesin motor bocor. Dengan adanya SNI, konsumen bisa terlindungi. Pelumas yang sudah ber-SNI berarti sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan Bandar Standarisasi Nasional (BSI), yaitu berkualitas baik, tidak merusak mesin kendaraan, dan aman bagi pengguna maupun lingkungan sekitar. Dan yang pasti, konsumen bisa dijamin mendapatkan produk yang olinya tahan lama.

Melindungi produsen

Produsen pelumas yang sudah bersertifikat SNI dapat menuntut pemalsunya dan si pemalsu bisa dijatuhi hukuman sangat berat, lebih berat daripada produk tanpa SNI. Dengan begini, pelaku pemalsuan akan pikir panjang untuk memalsukan. Produsen dalam negeri juga lebih terlindungi dari “serangan” produsen impor yang kualitas produknya tidak jelas, karena tak terdaftar. 

Pengawasan lebih ketat

Dengan adanya logo SNI dan produk pelumas yang terdaftar, maka mempermudah pengawasan. Aneka produk pelumas palsu maupun ilegal yang berkualitas rendah bisa diketahui, sebab tidak mencantumkan logo SNI. Andai mereka coba memalsukan logonya, bisa dicek apakah ada nomor registrasinya. Dari nomor ini dapat diketahui itu logo asli atau palsu.

Produsen pelumas otomotif yang wajib ber-SNI adalah:

  • Pelumas mesin bensin 4 tak kendaraan bermotor
  • Pelumas mesin bensin 4 tak sepeda motor
  • Pelumas mesin bensin 2 tak dengan pendingin udara
  • Pelumas mesin bensin 2 tak pendingin air
  • Pelumas mesin diesel putaran tinggi
  • Pelumas roda gigi transmisi manual dan gardan
  • Pelumas transmisi otomatis

Sudah jelas mengapa kita wajib memilih pelumas yang berlogo SNI? Komen pilihan olimu!