Tanpa Engine Flush, Ini Cara Menghilangkan Kerak Mesin Motor Tanpa Bongkar

Mesin motor merupakan tempat yang sering luput dari perhatian. Saat anda baru membeli motor tersebut, area mesin tentunya masih bersih. Namun, apakah anda sering memperhatikan kebersihan mesin anda? Apakah anda sering membersihkan area ruang bakar motor anda? Karena kerak mesin tidak hanya muncul di bagian luar mesin saja, tetapi juga di dalam ruang bakar itu sendiri. Beberapa penyebab mesin motor yang kotor seringkali dipengaruhi oleh lingkungan sekitar anda. Mungkin anda tidak terlalu memperhatikan, karena kebanyakan menjadi hal biasa apabila mesin motor anda terlihat kusam karena pengaruh oli dan minyak. Tapi, lama kelamaan seiring berjalannya waktu, mesin motor anda akan kotor karena tumpukan debu dan kotoran dari jalanan. Tentunya akan sulit untuk menghilangkan kerak mesin motor tersebut.

Debu-debu dan kotoran dari luar kendaraan anda, dari jalanan yang masuk ke ruang pembakaran motor anda. Kemudian kotoran dari luar akan terbakar dan mengendap di dalam mesin. Maka dari itu, saringan udara harus sering dibersihkan dan diganti sesuai waktunya agar debu dari luar tidak ikut masuk ke saluran hisap dan akhirnya ke dalam mesin motor anda. Selain itu, jenis bahan bakar yang anda pakai juga berpengaruh terhadap mesin anda. Apabila tidak sesuai dengan kompresi mesin dan kotornya tempat penyimpanan bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar, maka akan membuat sisa pembakaran mesin kurang sempurna dan mengendap di dalam ruang bakar motor anda. Kebocoran oli juga berpengaruh terhadap menumpuknya kerak mesin di ruang bakar. Kebocoran oli dapat disebabkan karena ring atau klep yang sudah lemah atau aus. Sehingga oli akan merembes masuk ke mesin dan ikut terbakar. Oli yang terbakar dalam ruang mesin akan menyebabkan asap pekat keluar dan menyisakan endapan kerak di dalam ruang bakar. Dan tentunya oli juga perlu diganti secara rutin, agar apabila klep di mesin bermasalah, endapan oli yang merembes dan terbakar tidak terlalu susah untuk dibersihkan.

Baja juga:   Kiat Sukses Mencari Sparepart Second Berkualitas

Kerak mesin yang muncul kebanyakan cenderung berwarna kusam dan hitam, juga ada yang menguning. Kerak tersebut merupakan campuran debu, minyak bahkan jamur bila menempel dalam waktu yang lama. Efek yang terasa jika kerak mesin motor anda sudah tebal atau menumpuk adalah performa mesin menurun. Performa mesin akan terasa sangat berat. Selain performa mesin yang akan turun, tentunya tingkat konsumsi bahan bakar akan meningkat. Sehingga motor anda akan menjadi lebih boros dan berat. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kinerja mesin dan kekuatan ruang bakar motor. Semakin lama tentunya akan merusak dengan cepat bagian dalam dari mesin motor anda.

Seringkali saat anda mencuci motor anda, bagian mesin seringkali terlewatkan dari detail kecil-kecil yang terlanjur kotor. Sehingga kotoran-kotoran tersebut akan menempel dan menumpuk menjadi kerak mesin. Menghilangkan kerak mesin motor menjadi sulit ketika sudah menumpuk. Untuk bagian luar, anda bisa menggunakan beberapa bahan yang bisa anda temui di sekitar rumah anda. Bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat bagian yang kecil-kecil. Untuk cairan pembersih, anda bisa menggunakan deterjen atau cairan pembersih porselen yang tentunya pasti ada di rumah anda. Cukup anda gosok-gosok hingga kerak terkelupas dan dibilas hingga bersih. Selain itu, anda dapat menggunakan bensin atau solar. Karena bensin dan solar memiliki sifat membilas. Bahan bakar tersebut dapat mengangkat kerak-kerak terutama kotoran dari oli dari mesin dengan mudah. Hanya dengan mencelupkan sikat ke dalam wadah berisi bensin atau solar, kemudian gosok bagian yang kotor hingga bersih.

Untuk membersihkan mesin bagian dalam tentunya tidak mudah karena harus membongkar bagian mesin. Akan tetapi, Planet Ban memiliki sebuah layanan servis motor yang dapat merontokkan kerak ruang bakar tanpa membongkar mesin. Mengusung tagline Rasa Mesin Baru, layanan servis ini fokus pada pembersihan mesin motor dari karat dan kerak pada sistem pembakaran, ruang mesin, piston dan bagian mesin lainnya agar menjadi bersih. Dengan hasil yang maksimal dapat membuat motor anda kembali nyaman dan tarikan menjadi ringan seperti rasa mesin baru. Uniknya, servis motor di Planet Ban dilakukan dengan mesin menyala. Karena, proses merotokkan kerak mesin motor membutuhkan ruang bakar yang panas agar kotoran dan kerak dapat keluar dengan mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Planet Ban memiliki teknologi sendiri dalam servis motor, yaitu Teknologi Servis Plus. Menggunakan 3 komponen penting yang dimasukkan ke dalam mesin motor. Komponen penting tersebut adalah cairan Auto Clean-Up, Auto Tune-Up dan Auto Protection dari oli X-Ten.  Ketiga komponen tersebut menjadi kunci dalam membersihkan kerak mesin motor dan melindungi mesin motor supaya bersih dan nyaman digunakan kembali. Sesuai dengan tujuan utama servis motor di Planet Ban, Rasa Mesin Baru.

Baja juga:   Tips Menggunakan Cairan Pembersih Kerak Mesin Motor