Ups, Ini Ternyata Biang Kerok Oli Mesin Motor Bocor

Apa jadinya kendaraan tanpa oli? Tentu saja mesin akan terganggu bahkan bisa jadi motor Anda tidak jalan. Begitu pentingnya pelumas kendaraan ini bagi lajunya mesin, tak ada salahnya Anda memahami seluk-beluk oli. Salah satunya memahami dengan baik mengapa oli mesin motor bocor atau merembes.

Bocornya oli akan sangat mengganggu kinerja mesin dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen motor lainnya. Mendeteksi sejak dini penyebab oli bocor setidaknya bisa mencegah kendaraan roda dua Anda dari kerusakan yang lebih parah. Berikut ini beberapa biang kerok oli bocor.

Oli Mesin Motor Bocor

oli mesin motor bocor

Olinya Kebanyakan

Ada takaran yang sudah ditetapkan seberapa banyak oli pada motor Anda. Jika melebihi volume yang sudah ditetapkan maka dengan mudah oli bocor. Perhatikan petunjuk pada dinding mesin kendaraan Anda, seberapa banyak Anda harus menuangkan oli. Cermat mengikuti petunjuk akan menghindarkan Anda dari volume oli berlebih yang menyebabkan pelumas motor Anda ini merembes.

Anda juga dapat menggunakan dipstick untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli motor Anda. Selain berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli, alat ini juga bisa membantu Anda melihat kondisi kekentalan oli motor. Jika sudah kental dan berwarna hitam, segeralah lakukan penggantian oli.

Seal Rusak atau Usia Pakainya Habis

Bocornya oli juga bisa disebabkan karet atau seal sudah rusak. Kondisi ini menyebabkan seal tidak dapat optimal berfungsi bahkan tidak berfungsi sama sekali. Bisa saja ini disebabkan komponen tersebut pecah atau retak. Usia pakai yang melampaui batas bisa menjadi penyebabnya.

Jika terus-menerus terpapar panas, tekstur bahan seal menjadi keras dan sewaktu-waktu bisa retak. Jika seal sudah retak atau rusak segera lakukan penggantian agar tidak terjadi oli bocor. Tak usah khawatir jika Anda tidak memahami seluk-beluk komponen motor ini. Berkonsultasi dengan bengkel kesayangan Anda dapat menjadi solusi yang jitu untuk mengecek komponen ini.

Usia Motor Sudah Tua

Penyebab lain dari oli bocor adalah usia motor yang sudah tak muda lagi. Usia mesin pun otomatis juga sudah tua dan perlu perawatan yang lebih ekstra. Perhatikan packing mesin yang bocor karena faktor usia kendaraan Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih cepat menanganinya agar kebocoran oli tidak berdampak buruk pada motor kesukaan Anda.

Beberapa faktor penyebab oli bocor tersebut perlu Anda ketahui karena sangat berbahaya. Selain membahayakan kondisi mesin juga dapat menyebabkan risiko pada diri Anda dan orang lain. Jika oli menetes di jalan, misalnya, dapat menyebabkan permukaan jalan licin dan bisa membuat pengendara lain atau orang yang melintas terpeleset dan jatuh.

Selain memperhatikan komponen kendaraan, perhatikan juga kualitas oli yang Anda gunakan. Terlebih lagi jika usia motor Anda sudah tidak muda lagi atau sudah tidak termasuk baru. Anda perlu memakai oli motor terbaik untuk menghindari masalah pada mesin dan membuat kinerja motor Anda lebih oke.

Tak usah ragu, gunakan X-TEN. Merek oli motor terbaik ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan performa mesin kendaraan Anda. Oli tahan lama ini bisa digunakan untuk waktu yang lama hingga 5.000 km. Kondisi mesin kendaraan roda dua Anda juga akan terjaga tetap prima pada suhu tinggi saat perjalanan jauh. Anda juga tidak perlu khawatir jika terjebak kemacetan karena X-TEN tetap menjaga kinerja mesin dengan baik.

Kandungan esternya sebagai kelas tertinggi dari semua base oil lainnya membuat X-TEN bisa diandalkan dan menjadi pilihan yang tepat. Masih banyak keunggulan lain dari X-TEN yang akan Anda nikmati bersama motor kesayangan. Anda dapat membeli oli ini hanya di Planet Ban.()

This entry was posted in My Blog and tagged , , , , . Bookmark the permalink.